Gerakan Literasi Digital Di Sekolah - Tozsugianto

Gerakan Literasi Digital di Sekolah || Berikut disuguhkan seputar Gerakan Literasi Digita di Sekolah. Konsep ini dimaksudkan selaku pendoman bagi pihak sekolah dalam merencanakan diri selaku sekolah berbasis digital.


Sasaran Gerakan Literasi Digital di Sekolah

     Basis Kelas
  • Meningkatnya jumlah pembinaan literasi digital yang dibarengi kepala sekolah , guru , dan tenaga kependidikan;
  • Meningkatnya intensitas penerapan dan pemanfaatan literasi digital dalam acara pembelajaran; dan
  • Meningkatnya pengertian kepala sekolah , guru , tenaga kependidikan , dan siswa dalam menggunakan media digital dan internet.
     Basis Budaya Sekolah
  • Jumlah dan kombinasi materi bacaan dan alat peraga berbasis digital;
  • Frekuensi peminjaman buku bernuansa digital;
  • Jumlah acara di sekolah yang mempergunakan teknologi dan informasi;
  • Jumlah penghidangan info sekolah dengan menggunakan media digital atau situs laman;
  • Jumlah kebijakan sekolah wacana penggunaan dan pemanfaatan teknologi info dan komunikasi dan komunikasi di lingkungan sekolah; dan
  • Tingkat pemanfaatan dan penerapan teknologi info dan komunikasi dan komunikasi dalam hal layanan sekolah (misalnya , rapor-e , pengelolaan keuangan , dapodik , pemanfaatan data siswa , profil sekolah , dsb.).
     Basis Masyarakat
  • Jumlah fasilitas dan prasarana yang mendukung literasi digital di sekolah; dan
  • Tingkat keterlibatan orang renta , komunitas , dan forum dalam pengembangan literasi digital.

Strategi Gerakan Literasi Digital di Sekolah

Literasi digital sekolah mesti dikembangkan selaku prosedur pembelajaran terintegrasi dalam kurikulum atau setidaknya terkoneksi dengan tata cara mencar ilmu mengajar. Siswa perlu ditingkatkan keterampilannya , guru perlu ditingkatkan wawasan dan kreativitasnya dalam proses pengajaran literasi digital , dan kepala sekolah perlu memfasilitasi guru atau tenaga kependidikan dalam menyebarkan budaya literasi digital sekolah.

1) Penguatan Kapasitas Fasilitator
Penguatan pemain drama atau fasilitator literasi di lingkungan sekolah ditekankan pada pembinaan kepala sekolah , pengawas , guru , dan tenaga kependidikan wacana literasi digital. Pelatihan-pelatihan tersebut terkait dengan penggunaan atau pemanfaatan teknologi info dan komunikasi dalam pengembangan sekolah , umpamanya , kepala sekolah dan pengawas diberikan pembinaan wacana penggunaan media digital dalam tata kelola sekolah , guru iberikan pembinaan wacana pemanfaatan media digital dalam pembelajaran , serta penerima didik didorong untuk menggunakan teknologi info dan komunikasi secara pintar dan bijaksana. Pelatihan di sini juga ditekankan pada keteladanan yang diberikan oleh kepala sekolah , guru , dan tenaga kependidikan terkait dengan penerapan literasi digital di lingkungan sekolah.

2) Peningkatan Jumlah dan Ragam Sumber Belajar Bermutu
Peningkatan jumlah dan ragam sumber mencar ilmu berkualitas di sekolah menjadi keperluan yang mesti dilaksanakan oleh sekolah. Perkembangan ilmu wawasan yang begitu cepat dalam kala digital menuntut pembaharuan dan penambahan wawasan gres di lingkungan sekolah. Dalam hal ini , sekolah dituntut sanggup mengembangkan jumlah dan ragam sumber mencar ilmu berkualitas bagi warga sekolahnya , utamanya untuk penerima didik. Beberapa hal yang sanggup ditangani oleh sekolah dalam kenaikan jumlah dan ragam sumber mencar ilmu berkualitas terkait literasi digital di lingkungan sekolah merupakan selaku berikut.
  1. Penambahan Bahan Bacaan Literasi Digital di Perpustakaan
  2. Penyediaan Situs-Situs Edukatif selaku Sumber Belajar Warga
  3. Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Edukatif selaku Sumber Belajar Warga Sekolah Sekolah
  4. Pembuatan Mading Sekolah dan Mading Kelas 
3) Perluasan Akses Sumber Belajar Bermutu dan Cakupan Peserta Belajar
  1. Penyediaan Komputer dan Akses Internet di Sekolah
  2. Penyediaan Informasi Melalui Media Digital
4) Peningkatan Pelibatan Publik
  1. Sharing Session
  2. Pelibatan Para Pemangku Kepentingan
  3. Penguatan Forum Bersama Orang Tua dan Masyarakat
5) Penguatan Tata Kelola
  1. Pengembangan Sistem Adminstrasi secara Elektronik (e-administrasi) 
  2. Pembuatan Kebijakan Sekolah wacana Literasi Digital
Demikian sajian info Gerakan Literasi Digital di Sekolah yang sanggup disajikan. Semoga Bermanfaat !!!

Labels:Literasi

Thanks for reading Gerakan Literasi Digital di Sekolah. Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Gerakan Literasi Digital Di Sekolah - Tozsugianto"