Fokus Gerakan Penguatan Pendidikan Huruf (Ppk) - Tozsugianto

Fokus Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) || GerakanPPK berfokus pada struktur yang telah ada dalam tata cara pendidikan nasional.Terdapat tiga struktur yang sanggup digunakan selaku wahana , jalur , dan mediumuntuk memperkuat pendidikan aksara bangsa , yaitu: Pertama , Struktur Program ,antara lain jenjang dan kelas , ekosistem sekolah , penguatan kapasitas guru; Kedua ,Struktur Kurikulum , antara lain aktivitas pembentukan aksara yang terintegrasidalam pembelajaran intrakurikuler , kokurikuler , dan ekstrakurikuler; Ketiga , StrukturKegiatan , antara lain banyak sekali aktivitas dan aktivitas yang dapat mensinergikanempat dimensi pembuatan aksara dari Ki Hadjar Dewantara yakni olah raga ,olah pikir , olah rasa , dan olah hati. Berikut 3 (tiga) struktur dalam Fokus Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK):

Struktur Program

Struktur aktivitas termasuk jenjang dan kelas (SD kelas I-VI;SMP kelas VII- IX). Pelaksanaan Gerakan PPK pada tiap jenjang melibatkan danmemanfaatkan ekosistem pendidikan yang ada di lingkungan sekolah. Pemanfaatandan pelibatan ekosistem pendidikan memperkuat dimensi setempat kontekstualpendidikan di wilayah , sehingga Gerakan PPK tidak terlepas dari nilai-nilaikarakter yang berkembang dan meningkat pada ekosistem pendidikan yang telah ada.  Pelaku kunci dalam Gerakan PPK yakni kepalasekolah , pendidik , tenaga kependidikan , komite sekolah , dan pemangkukepentingan lain yang berkaitan dalam pengembangan PPK. Masing-masing pihak perlumemahami kiprah dan fungsinya dalam rangka kesuksesan pelaksanaan aktivitas PPK.

Struktur Kurikulum

Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) tidak merubah kurikulumyang telah ada , melainkan optimalisasi kurikulum pada satuan pendidikan.Gerakan PPK perlu dilakukan di satuan pendidikan lewat banyak sekali carasesuai dengan kerangka kurikulum yakni alokasi waktu minimal yang ditetapkandalam Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum , dan aktivitas ekstrakurikuler yangdikelola oleh satuan pendidikan sesuai dengan peminatan dan karakteristikpeserta didik , kearifan setempat , daya dukung , dan kecerdikan satuan pendidikanmasing-masing.

Struktur Kegiatan

Struktur aktivitas PPK ialah opsi banyak sekali macamkegiatan bagi pembentukan aksara penerima didik yang menyeimbangkan keempat dimensipengolahan pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara , yakni olah raga , olah pikir ,olah rasa dan olah hati. Sekolah bisa memutuskan struktur aktivitas yang akanmendorong terbentuknya keunikan , kekhasan , dan keistimewaan sekolah (schoolbranding). Pilihan prioritas aktivitas PPK dibutuhkan sanggup mendorong sekolahmenemukan branding yang menggambarkan kekhasan dan keanekaragaman budayamasing-masing. Kegiatan-kegiatan yang mendukung terbentuknya branding sekolah antaralain: aktivitas akademik , non-akademik seumpama olahraga , aktivitas ekstrakurikuler ,pemanfaatan perpustakaan , dan pemanfaatan potensi lingkungan , seumpama sanggarseni dan museum.
Demikian santapan isu perihal Fokus Gerakan PenguatanPendidikan Karakter (PPK) yang sanggup disampaikan pada peluang ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels:Pendidikan ,PPK

Thanks for reading Fokus Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Fokus Gerakan Penguatan Pendidikan Huruf (Ppk) - Tozsugianto"