Memahami Lingkup Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkesinambungan (Pkb Guru) - Tozsugianto

Memahami Lingkup Pelaksanaan Pengembangan KeprofesianBerkelanjutan (PKB Guru) || Lingkup Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan(PKB Guru) , diadopsi dari TDA: Continuing Professional Development Inggris. Beberapabentuk PKB Guru sanggup termasuk unsur- unsur yang bersifat Internal Sekolah , JaringanSekolah maupun lewat Jaringan Virtual.


PKB Guru Internal Sekolah dimaksudkan bahwa acara PKB Guruyang berupa kursus , training , penataran maupun banyak sekali bentuk diklat yanglain sanggup diselenggarakan oleh sekolah secara berdikari contohnya: programInduksi , mentoring , pembinaan , pengamatan pembelajaran , kemitraan pembelajaran ,dan meningkatkan pengalaman antarguru , pengembangan sekolah secara menyeluruh (WSD; wholeschool development).

Sumber PKB Guru jaringan sekolah ialah acara PKB Guruyang dilaksanakan lewat koordinasi antarsekolah baik dalam satu rayon (gugus) ,antarrayon dalam kabupaten/kota tertentu , antarprovinsi bahkan dimungkinkanmelalui jaringan koordinasi sekolah antarnegara secara pribadi maupun melaluiteknologi informasi. Kegiatan PKB Guru dijalankan oleh sekolah lewat jaringanyang ada sanggup berupa:
  1. kegiatan KKG/MGMP;
  2. pelatihan/seminar/lokakarya sehari atau lebih;
  3. kunjungan ke sekolah lain , dunia kerja keras dan industri , dsb;
  4. mengundang nara sumber dari sekolah lain , komite sekolah ,dinas pendidikan , pengawas , perkumpulan profesi , atau dari instansi lain yangrelevan.
Jika keperluan guru dalam rangka pengembangankeprofesionalannya belum tercukupi lewat kedua sumber dalam sekolah maupunjaringan sekolah , atau masih memerlukan pengembangan lebih lanjut , maka sanggup menggunakansumber-sumber PKB Guru selain kedua sumber PKB Guru tersebut , yakni sumber KepakaranLuar lainnya. Sumber kepakaran lain ini sanggup ditawarkan lewat acara diLPMP , P4TK , Perguruan Tinggi atau institusi layanan lain yang diakui olehpemerintah ataupun lewat pendidikan dan training jarak jauh lewat jejaringvirtual atau TIK yang diselenggarakan oleh institusi layanan luar negeri.
Proses PKB Guru dimungkinkan menjadi lebih efektif danefisien apabila dijalankan di sekolah sendiri atau dijalankan bahu-membahu dengansekolah lain yang berdekatan (misalnya lewat KKG atau MGMP). Kegiatan PKBdapat dijalankan di luar lingkungan sekolah , misalnya oleh LPMP , DinasPendidikan , PT/LPTK atau penyedia jasa yang lain cuma untuk menyanggupi kebutuhanyang tidak sanggup dipenuhi oleh sekolah sendiri.

Demikian santapan warta tentang Lingkup Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB Guru) yang sanggup disampaikan pada kesempatanini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels:Info Guru

Thanks for reading Memahami Lingkup Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB Guru). Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Memahami Lingkup Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkesinambungan (Pkb Guru) - Tozsugianto"