Memahami Pemahaman Administrasi Berbasis Sekolah (Mbs) - Tozsugianto
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yakni bentuk otonomimanajemen pendidikan pada satuan pendidikan , yang dalam hal ini kepala sekolahdan guru dibantu oleh komite sekolah dalam mengorganisir acara pendidikan[Penjelasan Pasal 51 Ayat (1) UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem PendidikanNasional]. Esensi MBS yakni proteksi otonomi sekolah dalam rangka peningkatanmutu sekolah. Otonomi sekolah juga sanggup diartikan selaku proteksi kewenanganyang lebih berdikari pada sekolah yang mengandung makna swakarsa , swakarya ,swadana , swakelola , dan swasembada.
MBS sanggup didefinisikan selaku pengelolaan sumberdaya yangdilakukan secara berdikari oleh sekolah , dengan mengikutsertakan semua kelompokkepentingan yang terkait dengan sekolah dalam pengambilan keputusan , untukmencapai tujuan kenaikan kualitas sekolah. Unsur-unsur penting yang terkandungdalam definisi MBS termasuk :
- Pengelolaan dimaknai dari dua sudut pandang yakni prosesdan komponen/bidang/bidang administrasi sekolah. Sebagai proses , administrasi sekolahberbentuk tata cara yang komponen/bidang/bidangnya termasuk penyusunan rencana ,pengorganisasian , pelaksanaan , dan pengawasan. Ditinjau darikomponen/bidang/bidang nya , administrasi sekolah termasuk : (1) kurikulum dan pembelajaran , (2) penerima didik , (3)pendidik dan tenaga kependidikan , (4) pembiayaan , (5) fasilitas dan prasarana , (6) hubungansekolah dan penduduk , dan (7) budaya dan lingkungan sekolah;
- Sumber daya sekolah termasuk insan , dana , fasilitas danprasarana;
- Strategi pembelajaran yang berpusat pada penerima didik ,antara lain PAKEM;
- Implementasi budaya dan lingkungan sekolah yang kondusif;
- Peran serta masyarakat;
- Pencapaian tujuan kenaikan kualitas sekolah.
Bacaan Selanjutnya;
Semoga Bermanfaat !!!
Labels:Pendidikan
Thanks for reading Memahami Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Please share...!
Tidak ada komentar untuk "Memahami Pemahaman Administrasi Berbasis Sekolah (Mbs) - Tozsugianto"
Posting Komentar