Memahami Pemahaman Analisa Kinerja Guru (Pk Guru) - Tozsugianto

Memahami Pengertian Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) || Menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan AparaturNegara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 , Penilaian Kinerja Guru ataudisingkat PK Guru yakni analisa dari tiap butir acara kiprah utama gurudalam rangka seminar karir , kepangkatan , dan jabatannya. Pelaksanaan tugasutama guru tidak sanggup dipisahkan dari kesanggupan seorang guru dalam penguasaanpengetahuan , penerapan wawasan dan kemampuan , selaku kompetensi yangdibutuhkan sesuai amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun2007 wacana Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Penguasaankompetensi dan penerapan wawasan serta kemampuan guru , sungguh menentukantercapainya mutu proses pembelajaran atau pembimbingan akseptor didik , danpelaksanaan kiprah pelengkap yang berhubungan bagi sekolah/madrasah , utamanya bagiguru dengan kiprah pelengkap tersebut. Sistem PK Guru yakni metode penilaianyang dirancang untuk mengidentifikasi kesanggupan guru dalam melaksanakantugasnya lewat pengukuran penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam unjukkerjanya.

Secara biasa , PK Guru memiliki 2 fungsi utama sebagaiberikut.
  1. Untuk menganggap kesanggupan guru dalam menerapkan semuakompetensi dan kemampuan yang dikehendaki pada proses pembelajaran ,pembimbingan , atau pelaksanaan kiprah pelengkap yang berhubungan dengan fungsisekolah/madrasah. Dengan demikian , profil kinerja guru selaku gambarankekuatan dan kehabisan guru akan teridentifikasi dan dimaknai selaku analisiskebutuhan atau audit kemampuan untuk setiap guru , yang sanggup dipergunakansebagai basis untuk menyiapkan PKB.
  2. Untuk mengkalkulasikan angka kredit yang diperoleh guru ataskinerja pembelajaran , pembimbingan , atau pelaksanaan kiprah pelengkap yangrelevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukannya pada tahun tersebut.Kegiatan analisa kinerja dijalankan setiap tahun selaku bab dari prosespengembangan karir dan penawaran khusus guru untuk peningkatan pangkat dan jabatanfungsionalnya.
Hasil PK Guru dikehendaki sanggup berfaedah untuk menentukanberbagai kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu dan kinerja gurusebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan dalam bikin manusia yangcerdas , komprehensif , dan berdaya saing tinggi. PK Guru ialah contoh bagisekolah/madrasah untuk menegaskan pengembangan karir dan penawaran khusus guru. Bagiguru , PK GURU ialah pedoman untuk mengenali unsur-unsur kinerja yang dinilaidan ialah fasilitas untuk mengenali kekuatan dan kehabisan individu dalamrangka memperbaiki mutu kinerjanya.

PK Guru dijalankan kepada kompetensi guru sesuai dengantugas pembelajaran , pembimbingan , atau kiprah pelengkap yang berhubungan dengan fungsisekolah/madrasah. Khusus untuk acara pembelajaran atau pembimbingan ,kompetensi yang dijadikan dasar untuk analisa kinerja guru yakni kompetensipedagogik , profesional , sosial dan kepribadian , sebagaimana ditetapkan dalamPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007. Keempat kompetensiini sudah dijabarkan menjadi kompetensi guru yang mesti sanggup ditunjukkan dandiamati dalam aneka macam acara , langkah-langkah dan perilaku guru dalam melaksanakanpembelajaran atau pembimbingan. Sementara itu , untuk kiprah pelengkap yangrelevan dengan fungsi sekolah/madrasah , analisa kinerjanya dilakukanberdasarkan kompetensi tertentu sesuai dengan kiprah pelengkap yang dibebankantersebut (misalnya; selaku kepala sekolah/madrasah , wakil kepala sekolah/madrasah ,pengelola perpustakaan , dan sebagainya sesuai dengan Peraturan Menteri NegaraPendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009).
Demikian menu isu tentang Memahami Pengertian Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) yang sanggup disampaikan pada peluang ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels:Info Guru

Thanks for reading Memahami Pengertian Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Memahami Pemahaman Analisa Kinerja Guru (Pk Guru) - Tozsugianto"