Memahami Pemahaman Dan Perbedaan Pendekatan| Strategi| Metode| Teknik| Taktik Dan Versi Pembelajaran - Tozsugianto

Memahami Pengertian dan Perbedaan Pendekatan , Strategi , Metode , Teknik , Taktik dan Model Pembelajaran || Dalamproses pembelajaran dimengerti beberapa perumpamaan yang memiliki kemiripan makna ,sehingga sering kali orang merasa risau untuk membedakannya. Istilah-istilahtersebut adalah: (1) pendekatan pembelajaran , (2) strategipembelajaran , (3) metode pembelajaran , (4) teknik pembelajaran ,(5) taktik pembelajaran , dan (6) model pembelajaran. Berikut iniakan dipaparkan pemahaman perumpamaan – perumpamaan tersebut , dengan cita-cita dapatmemberikan kejelasaan wacana penggunaan perumpamaan tersebut. Untuk lebih mengerti Pengertian dan Perbedaan Pendekatan , Strategi , Metode , Teknik , Taktik dan Model Pembelajaran , berikut dihidangkan uraian singkat dari masing-masing perumpamaan tersebut.


PendekatanPembelajaran

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan selaku titiktolak atau sudut pandang kita kepada proses pembelajaran , yang merujuk padapandangan wacana terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sungguh lazim , didalamnya mewadahi , menginsiprasi , menguatkan , dan melatari metode pembelajarandengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya , pembelajaranterdapat dua jenis pendekatan , yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yangberorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatanpembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centeredapproach).

Strategi pembelajaran

Dari pendekatan pembelajaran yang sudah ditetapkanselanjutnya diturunkan ke dalam Strategi Pembelajaran. Newman dan Logan(Abin Syamsuddin Makmun , 2003) mengemukakan empat bagian taktik dari setiapusaha , yaitu:
  1. Mengidentifikasi dan menegaskan spesifikasi dan kualifikasihasil (out put) dan sasaran (target) yang mesti diraih , denganmempertimbangkan aspirasi dan selera penduduk yang memerlukannya.
  2. Mempertimbangkan dan menentukan jalan pendekatan utama (basicway) yang paling efektif untuk meraih sasaran.
  3. Mempertimbangkan dan menegaskan tindakan (steps) yangakan dtempuh sejak titik permulaan hingga dengan sasaran.
  4. Mempertimbangkan dan menegaskan tolok ukur (criteria) danpatokan ukuran (standard) untuk mengukur dan menganggap taraf keberhasilan(achievement) usaha.
Jika kita terapkan dalam konteks pembelajaran , keempat unsurtersebut adalah:
  1. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaranyakni pergantian profil sikap dan langsung akseptor didik.
  2. Mempertimbangkan dan menentukan metode pendekatan pembelajaranyang dipandang paling efektif.
  3. Mempertimbangkan dan menegaskan tindakan atauprosedur , metode dan teknik pembelajaran.
  4. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilanatau standar dan ukuran baku keberhasilan.
Sementara itu , Kemp (Wina Senjaya , 2008) mengemukakanbahwa strategi pembelajaran adalah suatu acara pembelajaran yangharus dijalankan guru dan siswa mudah-mudahan tujuan pembelajaran sanggup diraih secaraefektif dan efisien. Selanjutnya , dengan mengutip pemikiran J. R David , WinaSenjaya (2008) menyebutkan bahwa dalam taktik pembelajaran terkandungmakna perencanaan. Artinya , bahwa strategi intinya masihbersifat konseptual wacana keputusan-keputusan yang hendak diambil dalam suatupelaksanaanpembelajaran.

Metode pembelajaran

Jadi , metode pembelajaran di sini sanggup diartikansebagai cara yang dipakai untuk mengimplementasikan planning yang sudahdisusun dalam bentuk acara faktual dan gampang untuk meraih tujuanpembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapatdigunakan untuk mengimplementasikan taktik pembelajaran , diantaranya: (1)ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi; (4) simulasi; (5) laboratorium; (6)pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8) debat , (9) simposium , dan sebagainya.

Teknik Pembelajaran
Selanjutnya metode pembelajaran dijabarkan kedalam teknik dan taktik pembelajaran. Dengandemikian , teknik pembelajaran dapat diatikan selaku cara yangdilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan ,penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyakmembutuhkan teknik tersendiri , yang pastinya secara teknis akan berlawanan denganpenggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Demikianpula , dengan penggunaan metode diskusi , perlu dipakai teknik yang berbedapada kelas yang siswanya mencakup aktif dengan kelas yang siswanya tergolongpasif. Dalam hal ini , guru pun sanggup berganti-ganti teknik walaupun dalamkoridor metode yang sama.

Taktik Pembelajaran

Sementara taktik pembelajaran merupakan gayaseseorang dalam menjalankan metode atau teknik pembelajaran tertentu yangsifatnya individual. Misalkan , terdapat dua orang sama-sama menggunakan metodeceramah , tetapi mungkin akan sungguh berlawanan dalam taktik yang digunakannya.Dalam penyajiannya , yang satu condong banyak diselingi dengan humor karenamemang ia memiliki sense of humor yang tinggi , sementara yang satunya lagikurang memiliki sense of humor , tetapi lebih banyak menggunakan alat bantu elektronikkarena ia memang sungguh menguasai bidang itu. Dalam gaya pembelajaran akantampak keunikan atau kekhasan dari masing-masing guru , sesuai dengan kesanggupan ,pengalaman dan tipe kepribadian dari guru yang bersangkutan. Dalam taktik ini ,pembelajaran akan menjadi suatu ilmu sekalkigus juga seni (kiat)

Model Pembelajaran

Apabila antara pendekatan , taktik , metode , teknik danbahkan taktik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh makaterbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran. Kaprikornus , modelpembelajaran intinya ialah bentuk pembelajaran yang tergambar dariawal hingga tamat yang dihidangkan secara khas oleh guru. Dengan kata lain , modelpembelajaran ialah kemasan atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan ,metode , dan teknik pembelajaran.
Berkenaan dengan model pembelajaran , Bruce Joyce danMarsha Weil (Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega , 1990) mengetengahkan 4(empat) golongan versi pembelajaran , yaitu: (1) versi interaksi sosial; (2)model pembuatan informasi; (3) versi personal-humanistik; dan (4) modelmodifikasi tingkah laku. Kendati demikian , sering kali penggunaan perumpamaan modelpembelajaran tersebut diidentikkan dengan taktik pembelajaran.

Berdasarkan uraian di atas , bahwa untuk sanggup melaksanakantugasnya secara profesional , seorang guru dituntut sanggup mengerti dan memlikiketerampilan yang mencukupi dalam membuatkan aneka macam versi pembelajaran yangefektif , inovatif dan menggembirakan , sebagaimana diisyaratkan dalam KurikulumTingkat Satuan Pendidikan.

Demikian santapan keterangan tentang Memahami Pengertian dan Perbedaan Pendekatan , Strategi , Metode , Teknik , Taktik dan Model Pembelajaran yang sanggup dihidangkan pada peluang ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels:Artikel ,Pendidikan

Thanks for reading Memahami Pengertian dan Perbedaan Pendekatan , Strategi , Metode , Teknik , Taktik dan Model Pembelajaran. Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Memahami Pemahaman Dan Perbedaan Pendekatan| Strategi| Metode| Teknik| Taktik Dan Versi Pembelajaran - Tozsugianto"