Memahami Perangkat Pelaksanaan Pk Guru Dengan Kiprah Aksesori - Tozsugianto

Memahami PerangkatPelaksanaan PK Guru Dengan Tugas Tambahan || Perangkat yangharus digunakan oleh penilai untuk menjalankan PK GURU mudah-mudahan diperoleh hasilpenilaian yang obyektif , akurat , sempurna , valid , dan sanggup dipertanggung-jawabkanadalah: Pedoman PK Guru , Instrumen Penilaian Kinerja , Laporan Kendali KinerjaGuru

Pedoman PK Guru
Pedoman PK Guru menertibkan wacana metode analisa dannorma-norma yang mesti ditaati oleh penilai , guru yang dinilai , serta unsurlain yang terlibat dalam proses penilaian.

Instrumen Penilaian Kinerja
Guru dengan kiprah pelengkap yang berkaitan dengan fungsisekolah/madrasah dan meminimalkan beban jam mengajar tatap paras , dinilai denganmenggunakan 2 (dua) instrumen , yaitu: (i) instrumen PK Guru pembelajaran ataupembimbingan; dan (ii) instrumen PK Guru pelaksanaan kiprah pelengkap yangrelevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Hasil PK Guru pelaksanaan tugastambahan tersebut akan digabungkan dengan hasil PK Guru pelaksanaanpembelajaran atau pembimbingan sesuai persentase yang ditetapkan dalam aturanyang berlaku.

Instrumen analisa kinerja dengan tugastambahan yang berkaitan dengan fungsi sekolah/madrasah , terdiri dari:

1) Petunjuk Penilaian
Petunjuk analisa berisi klarifikasi wacana cara menganggap ,teknik pengumpulan data , sumbangan skor , penilai dan persyaratannya ,pelaksanaan analisa dan hasil penilaian. Petunjuk pengisian ini harusdipahami oleh para penilai kinerja guru dengan kiprah pelengkap yang relevandengan fungsi sekolah/madrasah.

2) Format Identitas Diri
Format ini mesti diisi dengan identitas diri guru yangdinilai sesuai dengan kiprah pelengkap yang berkaitan dengan fungsisekolah/madrasah. Selain itu , format ini juga perlu diisi dengan identitaspenilai. Guru yang dinilai dan penilai mesti menandatangani format identitasdiri ini.

3) Format Penilaian Kinerja
Format ini berisikan beberapa tabel menurut banyaknyakompetensi yang hendak dinilai sesuai dengan kiprah pelengkap yang berkaitan denganfungsi sekolah/madrasah yang diperintahkan terhadap guru. Setiap tabel berisipenjelasan wacana kriteria/indikator analisa untuk masing-masing kompetensi ,catatan bukti-bukti yang teridentifikasi selama analisa , skor yang diberikan ,perhitungan jumlah skor , skor rata-rata untuk setiap kompetensi , sertadiskripsi analisa kinerja yang dijalankan oleh penilai. Format ini diisi olehpenilai di sekolah sesuai dengan hasil penelitian , wawancara , dan/atau studidokumen yang dijalankan oleh penilai selama proses analisa kinerja.
4) Format Rekapitulasi Penilaian Kinerja
Perolehan skor rata-rata untuk setiap kompetensi kemudiandirekap oleh penilai pada format rekapitulasi analisa kinerja. Skor rata-ratamasing-masing kompetensi dicantumkan dan dijumlahkan dalam format tersebutuntuk berikutnya dikonversikan ke skala nilai 0 – 100 sesuai dengan PermennegPAN & RB No. 16 Tahun 2009. Jika kedua penilai dan guru yang dinilai telahmencapai komitmen terhadap hasil analisa , maka penilai dan guru yangdinilai mesti menandatangani format rekapitulasi analisa kinerja tersebut.

5) Format Tambahan
Dalam beberapa instrumen kiprah pelengkap yang berkaitan denganfungsi sekolah/madrasah , terdapat beberapa format tambahan. Misalnya untukpenilaian kinerja guru dengan kiprah pelengkap selaku kepala perpustakaan ,memiliki format pelengkap hasil analisa dan detail acara guru sehubungandengan tugas-tugas pengelolaan perpustakaan. Format pelengkap guru dengan tugastambahan selaku kepala laboratorium/bengkel dilengkapi dengan formatpendalaman terhadap kawan sejawat dan/atau akseptor didik dari guru yangdinilai. Format pelengkap ini berupa format-format yang mesti diisi oleh penilaisesuai dengan data dan info yang diperolehnya.

Laporan Kendali Kinerja Guru
Hasil PK Guru untuk guru yang diberi kiprah pelengkap yangrelevan dengan fungsi sekolah/madrasah lalu direkap dalam format laporankendali kinerja guru (Buku 2 Lampiran 4). Pada format ini dicantumkan hasil PKGuru formatif , sasaran nilai PK Guru yang hendak diraih sehabis guru mengikutiproses PKB , dan hasil PK Guru sumatif untuk bertahun-tahun ke depan. Dengandemikian , kinerja guru akan sanggup dipantau dan sanggup diarahkan dalam upayapeningkatan kinerja guru yang bersangkutan mudah-mudahan bisa menyediakan layananpendidikan yang bermutu terhadap akseptor didik.

Demikian hidangan info mengenai Memahami PerangkatPelaksanaan PK Guru Dengan Tugas Tambahan yang sanggup disampaikanpada peluang ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels:Info Guru

Thanks for reading Memahami Perangkat Pelaksanaan PK Guru Dengan Tugas Tambahan. Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Memahami Perangkat Pelaksanaan Pk Guru Dengan Kiprah Aksesori - Tozsugianto"