Memahami Prinsip Dasar Pengembangan Keprofesian Berkesinambungan (Pkb Guru) - Tozsugianto
Memahami Prinsip Dasar Pengembangan KeprofesianBerkelanjutan (PKB Guru) || Untuk sanggup terealisasi dengan baik , Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKBGuru) dalam pelaksanaannya mesti sanggup mematuhi prinsip-prinsip yang sudahditetapkan.
Prinsip Dasar PengembanganKeprofesian Berkelanjutan (PKB Guru) merupakan selaku berikut:
Prinsip Dasar PengembanganKeprofesian Berkelanjutan (PKB Guru) merupakan selaku berikut:
- PKB Guru mesti konsentrasi terhadap kesuksesan penerima didikatau berbasis hasil mencar ilmu penerima didik. Oleh lantaran itu , PKB Guru harusmenjadi potongan integral dari kiprah guru sehari-hari.
- Setiap guru berhak memperoleh peluang untukmengembangkan diri yang perlu diimplementasikan secara terencana , sistematis , danberkelanjutan. Untuk menyingkir dari kemungkinan pengalokasian kesempatanpengembangan yang tidak merata , proses penyusunan jadwal PKB Guru harusdimulai dari sekolah.
- Sekolah wajib menawarkan peluang terhadap setiap guruuntuk mengikuti jadwal PKB Guru dengan minimal jumlah jam per tahun sesuaidengan yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan AparaturNegara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009. Dinas PendidikanKabupaten/Kota dan/atau sekolah berhak memperbesar alokasi waktu jikalau dirasakanperlu.
- Bagi guru yang tidak menampilkan kenaikan setelahdiberi peluang untuk mengikuti jadwal PKB Guru sesuai dengan kebutuhannya ,maka dimungkinkan diberikan hukuman sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.Sanksi tersebut tidak berlaku bagi guru , jikalau sekolah tidak sanggup memenuhikebutuhan guru untuk melaksanakan jadwal PKB Guru.
- Cakupan materi untuk acara PKB Guru mesti terfokuspada pembelajaran penerima didik , kaya dengan materi akademik , prosespembelajaran , observasi pendidikan terkini , dan teknologi dan/atau seni , sertamenggunakan pekerjaan dan data penerima didik untuk meningkatkan kualitaspembelajaran.
- Proses PKB Guru bagi guru mesti dimulai dari gurusendiri. Oleh lantaran itu , untuk meraih tujuan PKB Guru , acara pengembanganharus melibatkan guru secara aktif sehingga betul-betul terjadi pergeseran padadirinya , baik dalam penguasaan materi , pengertian konteks , keahlian , danlain-lain sesuai dengan tujuan kenaikan mutu layanan pendidikan disekolah.
- PKB Guru yang bagus mesti berkontribusi untuk mewujudkanvisi , misi , dan nilai-nilai yang berlaku di sekolah dan/atau kabupaten/kota.Oleh lantaran itu , acara PKB Guru mesti menjadi potongan terintegrasi darirencana pengembangan sekolah dan/atau kabupaten/ kota dalam melaksanakanpeningkatan mutu pendidikan yang disetujui bareng antara sekolah , orangtuapeserta didik , dan masyarakat.
- Sedapat mungkin acara PKB Guru dilakukan di sekolahatau dengan sekolah di sekitarnya (misalnya di gugus KKG atau MGMP) untukmenjaga relevansi kegiatannya dan juga untuk meminimalkan dampak negatif padalingkungan yang disebabkan jikalau guru dalam jumlah banyak bepergian ke tempatlain.
- PKB Guru mesti mendorong ratifikasi profesi guru menjadilapangan pekerjaan yang bermartabat dan memiliki makna bagi penduduk dalampencerdasan bangsa , dan sekaligus mendukung pergeseran khusus di dalampraktik-praktik dan pengembangan karir guru yang lebih obyektif , transparan danakuntabel.
Semoga Bermanfaat !!!
Labels:Info Guru
Thanks for reading Memahami Prinsip Dasar Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB Guru). Please share...!
Tidak ada komentar untuk "Memahami Prinsip Dasar Pengembangan Keprofesian Berkesinambungan (Pkb Guru) - Tozsugianto"
Posting Komentar