Memahami Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu - Tozsugianto


Pembelajaran Tematik Terpadu sudah diberlakukan sejak tahun2006 merupakan pada dikala diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Dalam KTSP , Pembelajaran Tematik Terpadu gres dipraktekkan di kelasrendah merupakan kelas I , II dan III pada jenjang SD (SD). Sejalandengan pergeseran kurikulum , merupakan dengan diberlakukannya Kurikulum 2013 ,Pembelajaran Tematik Terpadu kembali dipraktekkan dengan perluasan. Apabila padaKTSP 2006 cuma dilaksanakan di kelas rendah merupakan kelas I , II dan III , sedangkan padaKurikulum 2013 diperluas lagi merupakan diberlakukan di kelas atas atau kelasIV , V dan VI.

Pada awalpemberlakluan Kurikulum 2013 , keterpaduan melibatkan seluruh mata pelajaran.Akan tetapi menurut kajian berikutnya dengan menimbang-nimbang aspek-aspektertentu terdapat 2 (dua) mata pelajaran yang mesti diberikan secara parsial ,yaitu Matematika serta Pendidikan Jasmani , Olah Raga dan Kesehatan (PJOK).Kedua mata pelajaran tersebut tidak tergolong dalam Tematik Terpadu cuma dikelas atas IV , V dan VI jenjang SD (SD).

Pembelajaransebelumnya yang dilaksanakan secara parsial , pasti sungguh berlainan denganpembelajaran dengan metode Tematik Terpadu. Perubahan pada Kurikulum 2013 inimengharuskan guru bisa melakukan pembelajaran dengan metode TematikTerpadu.

Sebelum mempelajarilebih jauh , berikut disajikan prinsip-prinsip pembelajaran tematik terpadu yangharus apalagi dulu diketahui oleh guru. Pembelajaran tematik terpadumemiliki prinsip-prinsip selaku berikut:
  1. Peserta didik mencaritahu , bukan diberi tahu.
  2. Fokus pembelajarandiarahkan terhadap pembahasan kompetensi lewat tema yang paling bersahabat dengankehidupan akseptor didik.
  3. Terdapat tema yangmenjadi pemersatu sejumlah kompetensi dasar yang berhubungan dengan berbagaikonsep , kemampuan dan sikap.
  4. Sumber belajartidak terbatas pada buku.
  5. Peserta didik dapatbekerja secara sanggup bangun diatas kaki sendiri maupun berkelompok sesuai dengan karakteristik kegiatanyang dilakukan
  6. Guru harusmerencanakan dan melakukan pembelajaran biar sanggup mengakomodasi pesertadidik yang mempunyai perbedaan tingkat kecerdasan , pengalaman , dan ketertarikanterhadap sebuah topik.
  7. Kompetensi Dasarmata pelajaran yang tidak sanggup dipadukan sanggup diajarkan tersendiri.
  8. Memberikanpengalaman pribadi terhadap akseptor didik (direct experiences) dari hal-hal yangkonkret menuju ke abstrak.
:
Download Gratis RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 - KLIK di SINI
Cara Praktis Menyusun Sendiri RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 - KLIK di SINI

Kegiatanpembelajaran tematik yang dirancang dalam silabus bukan merupakan urutankegiatan pembelajaran , melainkan bentuk acara pembelajaran untuk mencapaiKompetensi Dasar guru sanggup melakukan penyesuaikan.
Demikian sajianinformasi mengenai Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu yangdapat penulis sampaikan. Mudah-mudahan dengan mengetahui Prinsip-Prinsip PembelajaranTematik Terpadu inimemberikan bekal pengertian bagi guru dalam melakukan pembelajan denganKurikulum 2013 hasil revisi 2017 ini.


Semoga Bermanfaat !!!

Labels:Kurikulum ,Pendidikan

Thanks for reading Memahami Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu. Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Memahami Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu - Tozsugianto"