Memahami Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu - Tozsugianto
Pembelajaran Tematik Terpadu sudah diberlakukan sejak tahun2006 merupakan pada dikala diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Dalam KTSP , Pembelajaran Tematik Terpadu gres dipraktekkan di kelasrendah merupakan kelas I , II dan III pada jenjang SD (SD). Sejalandengan pergeseran kurikulum , merupakan dengan diberlakukannya Kurikulum 2013 ,Pembelajaran Tematik Terpadu kembali dipraktekkan dengan perluasan. Apabila padaKTSP 2006 cuma dilaksanakan di kelas rendah merupakan kelas I , II dan III , sedangkan padaKurikulum 2013 diperluas lagi merupakan diberlakukan di kelas atas atau kelasIV , V dan VI.
Pada awalpemberlakluan Kurikulum 2013 , keterpaduan melibatkan seluruh mata pelajaran.Akan tetapi menurut kajian berikutnya dengan menimbang-nimbang aspek-aspektertentu terdapat 2 (dua) mata pelajaran yang mesti diberikan secara parsial ,yaitu Matematika serta Pendidikan Jasmani , Olah Raga dan Kesehatan (PJOK).Kedua mata pelajaran tersebut tidak tergolong dalam Tematik Terpadu cuma dikelas atas IV , V dan VI jenjang SD (SD).
Pembelajaransebelumnya yang dilaksanakan secara parsial , pasti sungguh berlainan denganpembelajaran dengan metode Tematik Terpadu. Perubahan pada Kurikulum 2013 inimengharuskan guru bisa melakukan pembelajaran dengan metode TematikTerpadu.
Sebelum mempelajarilebih jauh , berikut disajikan prinsip-prinsip pembelajaran tematik terpadu yangharus apalagi dulu diketahui oleh guru. Pembelajaran tematik terpadumemiliki prinsip-prinsip selaku berikut:
- Peserta didik mencaritahu , bukan diberi tahu.
- Fokus pembelajarandiarahkan terhadap pembahasan kompetensi lewat tema yang paling bersahabat dengankehidupan akseptor didik.
- Terdapat tema yangmenjadi pemersatu sejumlah kompetensi dasar yang berhubungan dengan berbagaikonsep , kemampuan dan sikap.
- Sumber belajartidak terbatas pada buku.
- Peserta didik dapatbekerja secara sanggup bangun diatas kaki sendiri maupun berkelompok sesuai dengan karakteristik kegiatanyang dilakukan
- Guru harusmerencanakan dan melakukan pembelajaran biar sanggup mengakomodasi pesertadidik yang mempunyai perbedaan tingkat kecerdasan , pengalaman , dan ketertarikanterhadap sebuah topik.
- Kompetensi Dasarmata pelajaran yang tidak sanggup dipadukan sanggup diajarkan tersendiri.
- Memberikanpengalaman pribadi terhadap akseptor didik (direct experiences) dari hal-hal yangkonkret menuju ke abstrak.
Download Gratis RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 - KLIK di SINI
Cara Praktis Menyusun Sendiri RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 - KLIK di SINI
Kegiatanpembelajaran tematik yang dirancang dalam silabus bukan merupakan urutankegiatan pembelajaran , melainkan bentuk acara pembelajaran untuk mencapaiKompetensi Dasar guru sanggup melakukan penyesuaikan.
Demikian sajianinformasi mengenai Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu yangdapat penulis sampaikan. Mudah-mudahan dengan mengetahui Prinsip-Prinsip PembelajaranTematik Terpadu inimemberikan bekal pengertian bagi guru dalam melakukan pembelajan denganKurikulum 2013 hasil revisi 2017 ini.
Semoga Bermanfaat !!!
Labels:Kurikulum ,Pendidikan
Thanks for reading Memahami Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu. Please share...!
Tidak ada komentar untuk "Memahami Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu - Tozsugianto"
Posting Komentar