Memahami Syarat Dan Prinsip Analisa Kinerja Guru (Pk Guru) - Tozsugianto
Memahami Syarat dan Prinsip Penilaian Kinerja Guru (PK Guru)|| Persyaratan penting dalam metode Penilaian Kinerja Guru atauPK Guru yakni Valid , Reliabel dan Praktis. Sistem PK Guru dibilang valid bilaaspek yang dinilai sungguh-sungguh mengukur komponen-komponen kiprah guru dalammelaksanakan pembelajaran , pembimbingan , dan/atau kiprah lain yang relevandengan fungsi sekolah/madrasah; Kemudian Sistem PK Guru dibilang reliabel ataumempunyai tingkat keyakinan tinggi kalau proses yang ditangani memberikanhasil yang serupa untuk seorang guru yang dinilai kinerjanya oleh siapapun dankapan pun; Serta Sistem PK Guru dibilang gampang apabila sanggup ditangani olehsiapapun dengan relatif gampang , dengan tingkat validitas dan reliabilitas yangsama dalam semua keadaan tanpa membutuhkan persyaratan tambahan. Salah satukarakteristik dalam desain PK Guru yakni menggunakan cakupan kompetensi danindikator kinerja yang serupa bagi 4 (empat) jenjang jabatan fungsional guru(Guru Pertama , Guru Muda , Guru Madya , dan Guru Utama).
Prinsip-prinsip utama dalam pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru atau PK Guru adalahsebagai berikut:
Berdasarkan Ketentuan; PK Guru mesti dilaksanakan sesuaidengan mekanisme dan mengacu pada peraturan yang berlaku.
Berdasarkan Kinerja; Aspek yang dinilai dalam PK Guru adalahkinerja yang sanggup diperhatikan dan dipantau , yang ditangani guru dalam melaksanakantugasnya sehari-hari , yakni dalam menjalankan kegiatan pembelajaran ,pembimbingan , dan/atau kiprah embel-embel yang berkaitan dengan fungsisekolah/madrasah.
Berlandaskan Dokumen PK Guru; Penilai , guru yang dinilai ,dan unsur yang terlibat dalam proses PK Guru mesti mengerti semua dokumen yangterkait dengan metode PK Guru. Guru dan penilai mesti mengerti pernyataankompetensi dan indikator kinerjanya secara utuh , sehingga keduanya mengetahuitentang faktor yang dinilai serta dasar dan patokan yang digunakan dalampenilaian.
Dilaksanakan secara Konsisten; PK Guru dilaksanakan secarateratur setiap tahun diawali dengan analisa formatif di permulaan tahun danpenilaian sumatif di final tahun dengan memperhatikan hal-hal berikut.
- Obyektif; Penilaian kinerja guru dilaksanakan secara obyektif sesuaidengan keadaan kasatmata guru dalam menjalankan kiprah sehari-hari.
- Adil; Penilai kinerja guru memberlakukan syarat , ketentuan , danprosedur standar terhadap semua guru yang dinilai.
- Akuntabel; Hasil pelaksanaan analisa kinerja guru dapatdipertanggungjawabkan.
- Bermanfaat; Penilaian kinerja guru berharga bagi guru dalam rangkapeningkatan mutu kinerjanya secara berkesinambungan dan sekaligus pengembangankarir profesinya.
- Transparan; Proses analisa kinerja guru memungkinkan bagi penilai ,guru yang dinilai , dan pihak lain yang berkepentingan , untuk menemukan aksesinformasi atas penyelenggaraan analisa tersebut.
- Praktis; Penilaian kinerja guru sanggup dilaksanakan secara gampang tanpamengabaikan prinsip-prinsip lainnya.
- Berorientasi pada Tujuan; Penilaian dilaksanakan dengan berorientasi pada tujuan yangtelah ditetapkan.
- Berorientasi pada Proses; Penilaian kinerja guru tidak cuma terkonsentrasi pada hasil ,namun juga perlu memperhatikan proses , yakni bagaimana guru sanggup mencapaihasil tersebut.
- Berkelanjutan; Penilaian kinerja guru dilaksanakan secara periodik ,teratur , dan berjalan secara terus menerus selama seseorang menjadi guru.
- Rahasia; Hasil PK Guru cuma boleh dikenali oleh pihak-pihak terkaityang berkepentingan.
Semoga Bermanfaat !!!
Labels:Info Guru
Thanks for reading Memahami Syarat dan Prinsip Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Please share...!
Tidak ada komentar untuk "Memahami Syarat Dan Prinsip Analisa Kinerja Guru (Pk Guru) - Tozsugianto"
Posting Komentar