Memahami Tata Cara Tanya Jawab Dalam Pembelajaran - Tozsugianto
Metode Tanya Jawabdalam Pembelajaran || Metode TanyaJawab yaitu cara penyuguhan pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harusdijawab , khususnya dari guru terhadap siswa , tetapi sanggup pula dari siswa kepadaguru.
Hal ini sejalan dengan nasehat yang mengartikan bahwa tata cara tanya jawabadalah cara penyuguhan pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang mesti dijawab ,terutama dari guru terhadap murid , tetapi sanggup pula dari siswa terhadap guru.
Hal ini sejalan dengan nasehat yang mengartikan bahwa tata cara tanya jawabadalah cara penyuguhan pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang mesti dijawab ,terutama dari guru terhadap murid , tetapi sanggup pula dari siswa terhadap guru.
Lebih lanjut diterangkan pula bahwa tata cara tanya jawab inidapat dijadikan selaku pendorong dan membuka jalan fikiran bagi siswa untukmengadakan pencarian lebih lanjut (dalam rangka belajar) terhadap berbagaisumber mencar ilmu menyerupai buku , majalah , surat kabar , kamus , ensiklopedia ,laboratorium , alam , penduduk , video dan lain sebagainya.
Dengan tanya jawab memungkinkan terjadinya komunikasilangsung yang bersifat two way traffic sebab pada di saat yang samaterjadi pembicaraan antara guru dan siswa. Guru mengajukan pertanyaan siswa menjawab atau siswabertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya relasi timbalbalik secara pribadi antara guru.
Beberapa hal yang penting diamati dalam Metode Tanya Jawab ini antara lain:
Tujuan
Ada beberapa tujuan yang mau diraih dari tata cara tanya jawa , di antaranya:
Tujuan
Ada beberapa tujuan yang mau diraih dari tata cara tanya jawa , di antaranya:
- Untuk mengenali hingga sejauh mana materi pelajaran yangtelah dikuasai oleh siswa.
- Untuk merangsang siswa berfikir.
- Memberi potensi pada siswa untuk mengajukan masalahyang belum dipahami.
Pada dasarnya ada dua pertanyaan yang perlu diajukan , yaitu pertanya-an ingatandan pertanyaan pikiran:
- Pertanyaan kenangan , dimaksudkan untuk mengenali sampaisejauh mana wawasan sudah tertanam pada siswa. Biasanya pertanyaanberpangkal terhadap apa , kapan , di mana , berapa , dan yag sejenisnya.
- Pertanyaan fikiran , dimaksudkan untukmengetahui hingga sejauh mana cara berpikir anak dalam merespon suatupersoalan.
Biasanya pertanyaan ini dimulai dengan kata mengapa , bagaimana.
Tehnik Mengajukan Pertanyaan.
Berhasil tidaknya tata cara tanya jawab , sungguh bergantung terhadap tehnik gurudalam mengajukan pertanyaanya. Metode Tanya Jawab umumnya dipergunakanapabila:
Tehnik Mengajukan Pertanyaan.
Berhasil tidaknya tata cara tanya jawab , sungguh bergantung terhadap tehnik gurudalam mengajukan pertanyaanya. Metode Tanya Jawab umumnya dipergunakanapabila:
- Bermaksud mengulang materi pelajaran.
- Ingin menghidupkan siswa relajar.
- Tidak terlampau banyak siswa.
- Sebagai selingan tata cara ceramah.
Silahkan ; Metode Pembelajaran Lainnya - [klik di sini]
Demikian menu informasi tentang Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran yang sanggup disampaikan padakesempatan ini.
Demikian menu informasi tentang Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran yang sanggup disampaikan padakesempatan ini.
Semoga Bermanfaat !!!
Labels:Pendidikan
Thanks for reading Memahami Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran . Please share...!
Tidak ada komentar untuk "Memahami Tata Cara Tanya Jawab Dalam Pembelajaran - Tozsugianto"
Posting Komentar