Mengenal Fitur Guru Pembelajar Moda Daring - Tozsugianto
LMS (Learning Manajemen Sistem) pada guru pembelajar modadaring (dalam jaringan) merupakan tata cara yang digunakan untukkegiatan pembelajaran bagi akseptor guru pembelajar moda daring. Dalam LMS(Learning Manajemen Sistem) guru pembelajar moda daring terdapat beberapa ikonfitur yang mesti dikenali oleh akseptor training Guru Pembelajar ModaDaring. Berikut yakni fitur yang terdapat dalam LMS (Learning ManajemenSistem) guru pembelajar moda daring :
1. Lesson
Lesson ialah suatu kepraktisan yang digunakan untukmenyampaikan konten dan atau kombinasi kegiatan pembelajaran pada Guru PembelajarModa Daring. Lesson pada kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring ini diberi nama“Kegiatan” dilanjutkan dengan nomor dari sesi dan urutan Kegiatannya (contoh:“Kegiatan 1.2” Artinya Sesi 1 Lesson ke-2 ). Dalam Lesson berisi mengenai materipembelajaran yang berisikan teks dan gambar. Lesson juga bisa berisi quizatau pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya untuk mengenali tingkat pengetahuandan pengertian akseptor pada topik pembelajaran tertentu.
2. Page
Page ialah kepraktisan yang terdapat pada Guru PembelajarModa Daring yang isinya ini berupa laman web yang sanggup menghidangkan teks ,gambar , bunyi , video , atau tautan web. Pada GP Daring , Page digunakan untukmenampilkan isyarat atau pengirim pada setiap sesi. Pengantar sesi berisiaktivitas dan alur kegiatan sesi yang mau dijalankan akseptor selama sesitersebut.
3. Book
Book ialah suatu kepraktisan yang terdapat pada GuruPembelajar Moda Daring yang isinya berupa kegiatan melaksanakan penelaahan BahanBacaan atau instruksi. Book pada kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring diberinama “Bahan Bacaan atau Instruksi”
Dalam Bahan Bacaan berisi mengenai bahan pembelajaran yangterdiri dari teks dan gambar. Sedangkan pada kode berisi isyarat untukmelaksanakan kegiatan.
4. Blog
Pada setiap sesi akseptor Guru Pembelajar Moda Daringdiharuskan untuk melaksanakan refleksi atas pembelajaran yang sudah dilaluinyamelalui blog. Pengampu dan mentor sanggup menyaksikan blog akseptor untuk mengetahuipemikiran , refleksi , dan pengalaman akseptor pada sesi tersebut.
5. Forum
Forum ialah acara inti dalam suatu sesi. Forumdisediakan untuk melaksanakan diskusi antar akseptor bahkan dengan mentor danpengampu sebagafasilitatornya. Di dalam Forum akseptor sanggup menjawabpertanyaan , mengungkapkan pertimbangan , dan meningkatkan pengalaman dengan akseptor lainsehingga terbentuk suatu pengertian (konstruktivisme). Dalam kegiatan GuruPembelajar Daring ini terdapat dua macam lembaga yang sanggup digunakan yaitu:
a. Forum Umum , digunakan untuk melaksanakan diskusi mengenai teknisdan akademis biasa pada kursus yang sedang diambil
b. Forum Sesi , digunakan untuk melaksanakan diskusi mengenaitopik yang diberikan pada setiap sesinya.
6. Chatting
Aktivitas yang lain dalam Guru Pembelajar Moda Daring adalahchatting , chatting berfungsi selaku ajang komunikasi pribadi antara sesamapeserta Guru Pembelajar dengan Mentor dan Pengampu.
7. Web Conference/Vikon
Pada Guru Pembelajar Moda Daring terdapat acara untukmelakukan vikon/Web Conference (webcon). Web Conference digunakan untukberkomunikasi antara pengampu (fasilitator) dengan kepala sekolah dan kepalasekolah yang lain dalam bentuk audio video lewat kepraktisan website.
8. Messages
Dalam kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring , Messages (pesan)ini ialah suatu kepraktisan untuk melaksanakan pengantaran pesan secara pribaditerhadap akseptor lain , mentor ataupun pengampu.
9. Quiz
Fitur ini sanggup menampung banyak pertanyaan/pernyataan untukmengukur kesanggupan peserta. Pada GP Daring , fitur ini dimanfaatkan sebagaipenilaian secara formatif dan sumatif. Quiz ini digunakan pada penilaiansumatif setiap sesi berupa tes sumatif sesi dan sumatif selesai pembelajaranberupa Tes Akhir. Tes Sumatif Sesi dan Tes Akhir sanggup dijalankan sejumlah 2kali tes.
10. Questionnaire
Fitur ini sanggup menampung banyak sekali jenis pertanyaan/pernyataanuntuk mendapatkan data dari akseptor , dan umumnya dimanfaatkan selaku alatsurvey. Pada Guru Pembelajar moda Daring , Questionnaire digunakan selaku alatuntuk mengenali reaksi akseptor kepada pembelajaran dan training , salah satucontohnya yakni penilaian training yang digunakan untuk mengukurkebermanfaatan pembelajaran.
11. E-portofolio
Pada moda daring , e-portofolio digunakan untuk menyimpan/mengunggah file tagihan akseptor untuk sanggup diperiksa , dikomentari dan diberiumpan balik. Fitur ini juga digunakan oleh mentor untuk mengusut kelengkapandan mutu tagihan setiap peserta.
Labels:Info Guru
Thanks for reading Mengenal Fitur Guru Pembelajar Moda Daring. Please share...!
Tidak ada komentar untuk "Mengenal Fitur Guru Pembelajar Moda Daring - Tozsugianto"
Posting Komentar