Mengenal Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 - Tozsugianto

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik yakni prosespembelajaran yang dirancang sedemikian rupa biar penerima didik secara aktifmengkonstruk desain , aturan atau prinsip lewat tahapan-tahapan mengamati(untuk mengidentifikasi atau mendapatkan masalah) , merumuskan duduk kendala , mengajukanatau merumuskan hipotesis , menghimpun data dengan banyak sekali teknik ,menganalisis data , menawan kesimpulan dan mengkomunikasikan desain , aturan atauprinsip yang “ditemukan” . Pendekatan Saintifik dimaksudkanmemberikan pengertian terhadap penerima didik dalam mengenal , mengetahui berbagaimateri menggunakan pendekatan ilmiah , bahwa warta bisa berasal dari manasaja , kapan saja , tidak bergantung pada infromasi searah guru. Oleh alasannya yakni itukondisi pembelajaran yang diperlukan tercipta diarahkan untuk mendorong pesertadidik dalam mencari tahu dari banyak sekali sumber lewat pengamatan dan bukan hanyadiberi tahu.

Karakteristik Pendekatan Saintifik
Pembelajaran denganpendekatan saintifik memilik karakteristik selaku berikut.
  1. Berpusat pada siswa;
  2. Melibatkan kemampuan proses sains dalam mengkonstruksikonsep , aturan , dan prinsip;
  3. Melibatkan proses-prose kognitif yang berpeluang dalammerangsang pertumbuhan intelek , utamanya kemampuan berpikir tingkat tinggisiswa;
  4. Dapat meningkatkan abjad siswa.
Tujuan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik

Tujuan pembelajaran dengan pendekatan saintifik didsarkanpada keunggulan pendekatan tersebut. Beberapa tujuan pembelajaran denganpendekatan saintifik yakni selaku berikut.
  1. Untuk meningkatkan kesanggupan intelek , utamanya kemampuanberpikir tingkat tinggi siswa;
  2. Untuk membentuk kesanggupan siswa dalam menyelesaikan suatumasalah secara sistematik;
  3. Terciptanya keadaan pembelajaran dimana siswa merasa bahwabelajar itu ialah sebuah kebutuhan;
  4. Diperolehnya hasil mencar ilmu yang tinggi;
  5. Untuk melatih siswa dalam mengkomunikasikan ide-idekhususnya dalam menulis postingan ilmiah;
  6. Untuk meningkatkan abjad siswa.
Prinsip-Prinsip Pendekatan Saintifik

Beberapa prinsip pendekatan saintifik dalam kegiatanpembelajaran yakni selaku berikut.
  1. Pembelajaran berpusat pada siswa;
  2. Pembelajaran membentuk student”s self concept;
  3. Pembelajaran terhindar dari verbalisme;
  4. Pembelajaran memamerkan peluang pada siswa untuk mengasimilasi dan mengakomodasikan desain , aturan , dan prisip;
  5. Pembelajaran mendorong terjadinya kenaikan kemampuanberpikir siswa;
  6. Pembelajaran meningkatkan motivasi mencar ilmu siswa danmotivasi mengajar guru;
  7. Memberikan peluang terhadap siswa untuk melatih kemampuandalam komunikasi;
  8. Adanya proses validasi terhadap desain , aturan , dan prinsipyang dikonstruksi siswa dalam struktur kognItifnya.
Langkah-langkah Pembelajaran dengan PendekatanSaintifik

Dalam pengertian pendekatan saintifik ada beberapa langkah prosespembelajaran yang terdiri atas lima acara pengalaman mencar ilmu pokok yaitu:Mengamati , Menanya , Mengumpulkan Informasi/Eksperimen , Mengasosiasikan/MengolahInformasi , Dan , Mengkomunikasikan.

Mengamati
Dalam proses memperhatikan penerima didik diperlukan sanggup melihat tentang apayang di suguhkan guru , misalnya video atau film yang terkait bahan , guru jugabisa memperlihatkan gambar-gamba yang juga terkait dengan materi. Selain itupengamatan juga sanggup dijalankan pada ketika guru melakukan simulasi.

Menanya
Setelah penerima didik memperhatikan , kemudian penerima didik merumuskan pertanyaanatas apa yang sudah di tampilkan guru , apabila sudah ada pertanyaan-pertanyaanpada penerima didik diperlukan dengan pertanyaan itu nantinya akan membuatpeserta didik lebih memperhatikan bahan dan bisa mencari sendiri balasan daripertanyaannya itu.

Mngumpulkan Informasi/Eksperimen
Pada tahap ini , setelah penerima didik mempunyai pertanyaan yang diperolehmelalui pengamatan terhadap media yang sudah ditampilkan guru , maka tugaspeserta didik berikutnya yakni menghimpun warta , warta tersebutuntuk menjawab pertanyaan yang sudah dibentuk , warta tersebut sanggup diperolehdari banyak sekali sumber mencar ilmu seumpama buku , setudi perpustakaan ,internet.Disinilah penerima didik di tuntut untuk aktif melakukan pekerjaan sama dalam kelompoknya.

Mengasosiasikan/Mengolah Informasi
Setelah mendapat warta dan data yang cukup , penerima didik dalamkelompoknya membuatkan kiprah untuk mengasosiasikan atau mengolah warta yangsudah di sanggup dengan yang berencana untuk menjawab pertanyaan yang sudahdirumuskan. Dan menampilkannya dalam laporan kelompok.

Mengkomunikasikan
Dalam proses ini penerima didik di inginkan bisa mengkomunikasikan dengankelompok lain tentang warta apa yang sudah di olah dalam kelompoknya.Disinilah inti dari saintifik yakni penerima didik diperlukan untuk salingbertukar warta dengan kalangan lain. Sehingga akan tercipta keadaan pesertadidik yang aktif , dan memicu penerima didik menjadi subjek belajar.

Demikian santapan warta mengenai Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 yang sanggup penulis sampaikan pada peluang ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels:Kurikulum

Thanks for reading Mengenal Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013. Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 - Tozsugianto"