Mengenal Rancangan 4C Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - Tozsugianto

Berdasarkan “21stCentury Partnership Learning Framework” ,terdapat beberapa kompetensi dan/atau keahlian yang mesti dimiliki oleh Sumber Daya Manusia (SDM) pada Abad 21. Kompetensi tersebut wajib dikuasai dan dimiliki setiap insan biar dapat menjadi bab dari kehidupan di Abad 21. Oleh alasannya merupakan itu , sejak dini mesti dilatihkan lewat Pelaksanaan Pembelajaran di kelas. Kurikulum 2013 menjajal untuk merencanakan SDM kurun 21 pada akseptor didik sejak dini lewat pembelajaran. Keterampilan tersebut antara lain adalah:
  1. Kemampaunberpikir kritis dan pemecahan dilema (Critical-Thinking andProblem-Solving Skills) - bisa berfikir secara kritis , lateral , dan sistemik ,terutama dalam konteks pemecahan masalah
  2. Kemampuanberkomunikasi dan berafiliasi (Communication and Collaboration Skills) - bisa berkomunikasi dan berkolaborasi secaraefektif dengan banyak sekali pihak
  3. Kemampuanmencipta dan membaharui (Creativity and Innovation Skills) -  mampu berbagi kreativitas yangdimilikinya untuk menciptakan banyak sekali terobosan yang inovatif
  4. Literasiteknologi gunjingan dan komunikasi (Information and ommunications TechnologyLiteracy) -  mampu mempergunakan teknologiinformasi dan komunikasi untuk mengembangkan kinerja dan aktivitassehari-hari
  5. Kemampuanbelajar kontekstual (Contextual Learning Skills) -  Kemampuan menjalani acara pembelajaranmandiri yang kontekstual selaku bab dari pengembangan pribadi
  6. Kemampuaninformasi dan literasi media (Information and Media Literacy Skills) - mampumemahami dan memakai banyak sekali media komunikasi untuk menyodorkan beragamgagasan dan melaksanakan acara kerja sama serta interaksi dengan beragampihak.
Dalam Konteks Pembelajaran Kurikulum 2013 , kemampuan abadke-21 cuma diistilahkan dengan 4C (Communication , Collaboration , CriticalThinking and Problem Solving , dan Creativity and Innovation) dan merupakankemampuan bekerjsama yang ingin dituju dengan Kurikulum 2013. Sehubungan dengan hal tersebut , berikut klarifikasi tentang 4C;

Communication(komunikasi).

Komunikasi merupakan suatu kegiatan mentransfer sebuahinformasi baik secara verbal maupun tulisan. Namun , tidak siapa pun mampumelakukan komunikasi dengan baik. Terkadang ada orang yang dapat menyampaikansemua gunjingan secara verbal tapi tidak secara goresan pena ataupun sebaliknya.

Supaya komunikasi antar insan terjalin secara efektifdibutuhkan teknik berkomunikasi yang tepat.  Teknik komunikasi adalahsuatu cara yang digunakan dalam menyodorkan gunjingan dari komunikator kekomunikan dengan media tertentu. Dengan adanya teknik ini diperlukan setiaporang sanggup secara efektif melaksanakan komunikasi satu sama lain dan secara tepatmenggunakannya.

Collaborative(kolaborasi)

Adalah kesanggupan berkolaborasi atau melakukan pekerjaan sama , salingbersinergi , menyesuaikan diri dalam banyak sekali tugas dan tanggungjawab; melakukan pekerjaan secaraproduktif dengan yang lain; menempatkan tenggang rasa pada tempatnya; menghormatiperspektif berbeda. Kolaborasi juga bermakna bisa menjalankan tanggung jawabpribadi dan fleksibitas secara langsung , pada kawasan kerja , dan hubunganmasyarakat; menetapkan dan meraih patokan dan tujuan yang tinggi untuk dirisendiri dan orang lain; memaklumi kerancuan.

Critical thinking andProblem Solving (Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah)

Adalah kesanggupan untuk mengetahui suatu dilema yang rumit ,mengkoneksikan gunjingan satu dengan gunjingan lain , sehingga alhasil munculberbagai perspektif , dan mendapatkan penyelesaian dari suatu permasalahan. Criticalthinking dimaknai juga kesanggupan menalar , mengetahui dan bikin pilihanyang rumit; mengetahui interkoneksi antara metode , menyusun , mengungkapkan ,menganalisis , dan menyelesaikan masalah.

Creativity andInnovation (Kreativitas dan Inovasi)

Adalah kesanggupan untuk berbagi , melaksanakan , danmenyampaikan gagasan-gagasan gres terhadap yang lain; bersikap terbuka danresponsif terhadap perspektif gres dan berbeda.

Kreativitas juga didefinisikan selaku kesanggupan seseorangdalam bikin penggabungan baru. Kreativitas akan sungguh tergantung kepadapemikiran inovatif seseorang , yaitu proses penalaran seseorang dalam menciptakangagasan baru. Kreativitas yang dapat menciptakan penemuan-penemuan gres (danbiasanya bernilai secara ekonomis) sering disebut selaku inovasi.
Demikian menu gunjingan tentang Mengenal Konsep 4C dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 yang sanggup dihidangkan pada peluang ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels:Kurikulum

Thanks for reading Mengenal Konsep 4C dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Rancangan 4C Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - Tozsugianto"