Mengenal Rancangan Hots Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - Tozsugianto

Salah satu hal gres dalam Pembelajaran dengan Kurikulum 2013setelah revisi merupakan dengan diterapkannya Konsep Higher Order Thinking Skillsatau disingkat HOTS.Jika diartikan dalam bahasa Indonesia mungkin bisa dibilang sebagaiKeterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Tujuan diterapkannya HOTS dalam Pembelajaran padaKurikulum 2013 merupakan mengkondisikan penerima didik untuk sanggup berpikir kritis ,logis , dan sistematis sesuai dengan karakteristik mata pelajaran , sertamemiliki kesanggupan berpikir tingkat tinggi.

Anderson & Krathwohl mengkategorikan tingkat berpikirkurang lebih seumpama berikut ini.

HOTS [Higher Order Thinking Skills]
  1. Mencipta[Create] = Mengembangkan hipotesis [generating] ,merencanakan observasi [planning/designing] , menyebarkan produk baru[producing/constructing].
  2. Mengevaluasi [Evaluate] =  Menentukan apakah kesimpulan sesuai denganuraian/fakta [checking/coordinating/detecting/monitoring/testing] , menilaimetode mana yang paling cocok untuk menyelesaikan masalah[critiquing/judging].
  3. Menganalisis [Analyze] = Mengelompokkan informasi/fenomenadalam bagian-bagian penting[differentiating/discriminating/focusing/selecting] , menyeleksi keterkaitanantar komponen [organizing/findingcoherence/integrating/outlining/structuring] , mendapatkan pikiranpokok/bias/nilai penulis [attributing/deconstructing].
 MOTS [Midle Order Thinking Skills]
  1. Menerapkan [Apply] = Melaksanakan [executing] , menggunakanprosedur [implementing] untuk suatu suasana gres [melakukan , menerapkan].
  2. Memahami  [Understand]= Memaknai bahan yang dipelajari dengan kata-kata/kalimat sendiri[interpretasi/interpreting , memberi contoh/illustrating ,mengklasifikasi/classifying/categorizing , meringkas/summarizing/abstracting , menyimpulkan/concluding/ektrapolating/interpolating ,predicting , membandingkan/comparing/contrasting/mapping/matching , menjelaskan/constructingmodel e.g. cause-effect].
LOTS [Lower Order Thinking Skills]
Mengingat [Remember] = Menyajikan fakta dari ingatan[mengenai fakta penting/recognizing;  memanggil/recalling/retrieving]

Berdasarkan tingkat berpikir yang tercantum di atas , adakemampuan berpikir yang lebih tinggi [higher order thinking skills - HOTS]yang mesti dikuasai oleh penerima didik yakni kesanggupan untuk Menganalisis , Mengevaluasi , dan Mencipta.

Oleh alasannya merupakan itu , maka dalam pembelajaran diusulkan untukmendorong penerima didiknya mempunyai kesanggupan tersebut dengan menyajikanpembelajaran yang variatif serta pinjaman bahan yang “tidak biasa” yangdikembangkan dari Kompetensi Dasar - Kompetensi Inti [KD - KI 3].

Contoh acara pembelajaran untuk mendorong penerima didikmemilki keahlian berpikir tingkat tinggi [HOTS].
  1. Guru menugaskan penerima didik untuk menganalisispermasalahan yang disuguhkan lewat lembar kerja berhubungan dengan materipersamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dalam bentuk linear satu variabel;
  2. Peserta didik mengevaluasi permasalahan tersebut melaluikegiatan diskusi kalangan , yang diawali dengan mengidentifikasivariabel-variabel
  3. yang didapatkan dalam permasalahan;
  4. Peserta didik menghimpun banyak sekali info berkaitandengan permasalahan yang disuguhkan dari banyak sekali sumber berguru , kemudianbersama kelompoknya mengolah data yang terkumpul untuk dianalisis sehinggamenghasilkan rumusan solusi masalah;
  5. Melalui diskusi dan tanya jawab bareng kelompoknya , pesertadidik melaksanakan penilaian kepada rumusan solusi duduk kendala yangdiperolehnya;
  6. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya ,kemudian menciptakan kesimpulan bersama;
  7. Selama acara berjalan , guru melaksanakan observasi danpendampingan.
Silahkan ;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
MengenalKosep PPK dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klikdi sini]
MengenalKosep dan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) - [klikdi sini]
MengenalKosep 4 C dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klikdi sini]
MengenalKosep HOTS dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klikdi sini]
MengintegrasikanPPK , Literasi , 4C dan HOTS dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klikdi sini]

Berikut merupakan rujukan soal HOTS yang tepat dengan KD 3.1dan 4.1 Mata Pelajaran Matematika.

Permasalahan: 
Di suatu desa , terdapat sepasang kakek dan nenek yangtinggal di rumah tua. Pada di saat sensus penduduk permulaan tahun 2013 , kakek dannenek tersebut belum mempunyai KTP. Untuk pengerjaan KTP , kakek dan nenektersebut diminta data tanggal lahir mereka , tetapi mereka tidak pernahmengetahui tahun lahirnya. Mereka cuma mengingat bahwa di saat menikah , selisihumur mereka 3 tahun. Saat itu nenek berusia 20 tahun , yakni 11 tahun setelahproklamasi.

Ditanyakan;
Bagaimana cara mengenali tahun lahir kakek dan nenek daricerita tersebut? 

Silahkan bagaimana cara membimbing penerima didik untuk dapatmenemukan respon permasalahan di atas.

Demikian hidangan infoemasi mengenai MengenalKonsep HOTS dalamPembelajaran Kurikulum 2013 yang sanggup disuguhkan padakesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels:Kurikulum

Thanks for reading Mengenal Konsep HOTS dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Rancangan Hots Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - Tozsugianto"