Mengintegrasikan Ppk| Literasi| 4C| Dan Hots Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - Tozsugianto
Konsep pembelajaran modern terkait dengan implementasiKurikulum 2013 yakni dimasukkannya beberapa komponen yang mesti diintegrasikandalam pembelajaran. hal tersebut dimaksudkan untuk bikin keadaan pembelajaran yang dapat memamerkan faedah bagi siswa secara eksklusif menggembirakan dan sekaligus bisa menunjang pencapaian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Unsur-unsur yang diintegrasikan dalam pembelajaran tersebut adalah:
Silahkan ;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
Mengenal Konsep PPK dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klik di sini]
Silahkan ;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
Memahami Pengertian dan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) - [klik di sini]
Unsur-unsur yang diintegrasikan dalam pembelajaran tersebut adalah:
- Penguatan Pendidikan Karakter (PPK); Karakter yang diperkuatterutama 5 abjad , yaitu: religius , nasionalis , sanggup berdiri diatas kaki sendiri , tolong-menolong , danintegritas.
- Literasi; Adalah kesanggupan mengakses , mengerti , danmenggunakan sesuatu secara pintar lewat banyak sekali acara antara lainmembaca , menyaksikan , menyimak , menulis , dan/atau berbicara.
- Keterampilan era 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative ,Critical thinking , Communicative , dan Collaborative);
- HOTS yang ialah abreviasi dari Higher Order ThinkingSkill atau Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.
Silahkan ;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
Mengenal Konsep PPK dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klik di sini]
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ialah suatu upaya yangdilakukan secara menyeluruh untuk mengakibatkan sekolah selaku organisasipembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat lewat pelibatan publik.Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis , tetapi meliputi keterampilanberpikir memakai sumber-sumber wawasan dalam bentuk cetak , visual ,digital , dan auditori. Literasi sanggup dijabarkan menjadi Literasi Dasar (BasicLiteracy) , Literasi Perpustakaan (Library Literacy) , Literasi Media (MediaLiteracy) , Literasi Teknologi (Technology Literacy) , Literasi Visual (VisualLiteracy).
Silahkan ;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
Memahami Pengertian dan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) - [klik di sini]
Keterampilan era 21. Inilah yang sebenarnya ingin kitatuju dengan K-13 , bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.Sebenarnya kata ini tidak terlampau gres untuk kita. Di banyak sekali peluang , kitasudah sering mendengar beberapa pakar menerangkan pentingnya penguasaan 4Csebagai fasilitas menjangkau keberhasilan , khususnya di Abad 21 , era di mana duniaberkembang dengan sungguh cepat dan dinamis. Penguasaan kemampuan era 21sangat penting , 4 C yakni jenis softskill yang padaimplementasi keseharian , jauh lebih berfaedah daripada sekadarpengusaan hardskill.
Silahkan ;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
Mengenal Konsep 4C dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klik di sini]
Silahkan ;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
Mengenal Konsep 4C dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klik di sini]
Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yakni kemampuanberpikir kritis , logis , reflektif , metakognitif , dan berpikir inovatif yangmerupakan kesanggupan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntutmateri pembelajarannya hingga metakognitif yang mensyaratkan penerima didikmampu untuk memprediksi , merancang , dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranahdari HOTS yaitu analisis yang ialah kesanggupan berpikir dalammenspesifikasi aspek-aspek/elemen dari suatu konteks tertentu; evaluasi merupakankemampuan berpikir dalam mengambil keputusan menurut fakta/informasi;dan mengkreasimeruapakan kesanggupan berpikir dalam membangungagasan/ide-ide.
Silahkan ;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
Mengenal Konsep HOTS dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klik di sini]
Mengenal Konsep HOTS dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klik di sini]
Untuk terlaksananya integrasi PPK , Literasi , 4C , dan HOTSpada Pembelajaran , dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibentuk harusmuncul empat macam hal tersebut (PPK , Literasi , 4C , dan HOTS). Untuk itudiperlukan kreatifitas guru dalam “meramu”nya. Setelah guru bisa “meramu” RPP zamannow yang mengandung integrasi PPK , Literasi , 4C , dan HOTS dalam Pembelajaran ,maka dikehendaki kesanggupan dan kepiawaian guru mengimplementasikan RPP dalamreal pembelajaran di kelas.
Demikian suguhan keterangan perihal Mengintegrasikan PPK Literasi , 4C , dan HOTS dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 yang sanggup disajikanpada peluang ini.
Semoga Bermanfaat !!!
Labels:Kurikulum
Thanks for reading Mengintegrasikan PPK , Literasi , 4C , dan HOTS dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Please share...!
Tidak ada komentar untuk "Mengintegrasikan Ppk| Literasi| 4C| Dan Hots Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - Tozsugianto"
Posting Komentar