Panduan Analisa Pembelajaran Tematik Integratif Sekolah Dasar (Sd) - Tozsugianto
Panduan Penilaian Pembelajaran Tematik Integratif SD (SD) || Implementasi Kurikulum 2013 ialah kebijakan gres untukmenghidupkan kembali acara dan kreativitas penerima didik dan pendidik yangtelah usang menjalankan kebijakan pembelajaran klasik yakni teacher centre.Dengan adanya kebijakan tersebut , pendidik dan penerima didik berada pada masatransisi (dari metode pembelajaran paradigma usang ke paradigma baru). Hal iniberarti pula mereka dalam posisi “kebingungan” (doubtfulness) mengenai apa yangharus diajarkan dan bagaimana mengajarkan , serta apa yang harusdiujikan/dinilai dan bagaimana cara menilainya.
Tujuan analisa pendidikan sanggup dibagi menjadi tigakategori utama , yaitu: analisa sumatif (misalnya untuk tujuan sertifikasi ,seleksi , penawaran khusus / kenaikkan kelas , dan prediksi) , analisa formatif (misalnyauntuk diagnosis) , dan analisa evaluatif (misalnya untuk tujuan akuntabilitas)(Black and Wiliam , 1998). Penilaian formatif di kelas yang berniat untukmembuat professional judgment (berdasarkan sebuah kriteria) mengenai kualitaskerja penerima didik serta mendesain/merencanakan langkah/aktivitas selanjutnyauntuk perbaikan acara pembelajaran.
Agar pendidik memiliki pengertian dan penglihatan yang samadalam menjalankan analisa di kelas , Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) ,Badan Penelitian dan Pengembangan , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuaidengan kiprah pokok dan fungsinya sudah menyusun Panduan Penilaian PembelajaranTematik Integratif SD (SD).
Panduan Penilaian Pembelajaran Tematik Integratif SekolahDasar (SD) ini disusun untuk menolong pendidik dalam berbagi instrumen penilaiantematik integratif pada faktor perilaku , wawasan , dan kemampuan yangmeliputi:
- Memberi pengertian terhadap pendidik tentang analisa dalampendidikan , analisa dalam pembelajaran , dan analisa tematik integratifdalam pembelajaran;
- Membantu pendidik dalam merancang dan mengembangkanberbagai bentuk instrumen analisa berbasis kelas untuk mengukur ketercapaiankompetensi penerima didik dalam pembelajaran tematik integratif; dan
- Memberi teladan terhadap pendidik dalam berbagi berbagaibentuk analisa perilaku , wawasan , dan keterampilan.
Buku Panduan Penilaian Pembelajaran Tematik Integratif SD - [klik di sini]
Demikian menu pemberitahuan mengenai Panduan Penilaian PembelajaranTematik Integratif SD (SD) yang sanggup disampaikan pada kesempatanini.
Labels:Kurikulum ,Pendidikan
Thanks for reading Panduan Penilaian Pembelajaran Tematik Integratif SD (SD). Please share...!
Tidak ada komentar untuk "Panduan Analisa Pembelajaran Tematik Integratif Sekolah Dasar (Sd) - Tozsugianto"
Posting Komentar