Prinsip Pengembangan Dan Implementasi Penguatan Pendidikan Abjad (Ppk) - Tozsugianto

Prinsip Pengembangan dan Implementasi Penguatan PendidikanKarakter (PPK) || Untuk sanggup tercipta tujuan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ,ada beberapa hal yang mesti dipegang teguh , salah satunya yakni prinsip. GerakanPenguatan Pendidikan Karakter (PPK) dikembangkan dan dilaksanakan denganmenggunakan prinsip tertentu. Berikut yakni Prinsip Pengembangan danImplementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK):

Nilai-nilai Moral Universal
Gerakan PPK berkonsentrasi pada penguatan nilai-nilai moraluniversal yang prinsip-prinsipnya sanggup disokong oleh segenap individu dari berbagaimacam latar belakang agama , kepercayaan , iman , sosial , dan budaya.

Holistik
Gerakan PPK dilaksanakansecara holistik , dalam arti pengembanganfisik (olah raga) , intelektual (olah pikir) , estetika (olah rasa) , adat danspiritual (olah hati) dijalankan secara utuh-menyeluruh dan bersamaan , baikmelalui proses pembelajaran intrakurikuler , kokurikuler , dan ekstrakurikuler ,berbasis pada pengembangan budaya sekolah maupun lewat kerja sama dengankomunitas-komunitas di luar lingkungan pendidikan.

Terintegrasi
Gerakan PPK selaku poros pelaksanaan pendidikan nasional terutamapendidikan dasar dan menengah dikembangkan dan dilaksanakan dengan menggabungkan ,menghubungkan , dan mengutuhkan banyak sekali unsur pendidikan , bukan merupakanprogram tempelan dan perhiasan dalam proses pelaksanaan pendidikan.

Partisipatif
Gerakan PPK dijalankan dengan mengikutsertakan dan melibatkanpublik seluas-luasnya selaku pemangku kepentingan pendidikan selaku pelaksanaGerakan PPK. Kepala sekolah , pendidik , tenaga kependidikan , komite sekolah , danpihak-pihak lain yang terkait sanggup menyetujui prioritas nilai-nilai utamakarakter dan kekhasan sekolah yang diperjuangkan dalam Gerakan PPK , menyepakatibentuk dan taktik pelaksanaan Gerakan PPK , bahkan pembiayaan Gerakan PPK.

Kearifan Lokal
Gerakan PPK bertumpu dan responsif pada kearifan lokalnusantara yang demikian bermacam-macam dan beraneka ragam mudah-mudahan kontekstual dan membumi. GerakanPPK mesti sanggup menyebarkan dan memperkuat kearifan setempat nusantara mudah-mudahan dapatberkembang dan berdaulat sehingga sanggup memberi indentitas dan jati diripeserta didik selaku bangsa Indonesia.

Kecakapan Abad XXI
Gerakan PPK menyebarkan kecakapan-kecakapan yang dibutuhkanoleh akseptor didik untuk hidup pada era XXI , antara lain kecakapan berpikirkritis (critical thinking) , berpikir inovatif (creative thinking) , kecakapanberkomunikasi (communication skill) , tergolong penguasaan bahasa internasional ,dan kerja sama dalam pembelajaran (collaborative learning).
Adil dan Inklusif
Gerakan PPK dikembangkan dan dilaksanakan menurut prinsipkeadilan , non-diskriminasi , non-sektarian , menghargai kebinekaan dan perbedaan(inklusif) , dan menjunjung harkat dan martabat manusia.

Selaras dengan PerkembanganPeserta Didik
Gerakan PPK dikembangkan dan dilaksanakan selaras dengan perkembanganpeserta didik baik pertumbuhan biologis , psikologis , maupun sosial , agartingkat kecocokan dan keberterimaannya tinggi dan maksimal. Dalam kekerabatan inikebutuhan-kebutuhan pertumbuhan akseptor didik perlu menemukan perhatianintensif.

Terukur
Gerakan PPK dikembangkan dan dilaksanakan berlandaskan prinsipketerukuran mudah-mudahan sanggup dimati dan dikenali proses dan alhasil secaraobjektif. Dalam kekerabatan ini komunitas sekolah mendeskripsikan nilai-nilaiutama abjad yang menjadi prioritas pengembangan di sekolah dalam sebuahsikap dan sikap yang sanggup diperhatikan dan diukur secara objektif; menyebarkan program-program penguatannilai-nilai abjad bangsa yang mungkin dilaksanakan dan diraih oleh sekolah;dan mengerahkan sumber daya yang sanggup ditawarkan oleh sekolah dan pemangkukepentingan pendidikan.

Demikian menu gunjingan perihal Prinsip Pengembangan danImplementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang sanggup disampaikan padakesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels:Pendidikan ,PPK

Thanks for reading Prinsip Pengembangan dan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Prinsip Pengembangan Dan Implementasi Penguatan Pendidikan Abjad (Ppk) - Tozsugianto"