Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum - Tozsugianto

Kurikulum dikembangkkan sesuai dengan hubungannya oleh setiapkelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah di bawah kerjasama dansupervisi dinas pendidikan atau kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota untukpendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah. Penyusunan Kurikulum untukpendidikan khusus dikoordinasi dan disupervisi oleh dinas pendidikan provinsi ,dan berpedoman pada Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) serta tutorial penyusunan kurikulum.

Kurikulum dikembangkan menurut prinsip-prinsip sebagaiberikut:

1.  Berpusat pada potensi , kemajuan , keperluan , dankepentingan penerima didik dan lingkungannya.
Kurikulum dikembangkan menurut prinsip bahwa pesertadidik memiliki posisi sentral untuk menyebarkan kompetensinya agarmenjadi insan yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa , berakhlakmulia , sehat , cerdik , mahir , inovatif , sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan menjadi warga negara yangdemokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebutpengembangan kompetensi penerima didik diadaptasi dengan potensi , kemajuan ,kebutuhan , dan kepentingan penerima didik serta permintaan lingkungan. Memilikiposisi sentral memiliki arti acara pembelajaran berpusat pada penerima didik.

2. Beragam dan terpadu.
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragamankarakteristik penerima didik , keadaan kawasan , jenjang dan jenis pendidikan ,serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama , suku ,budaya , etika istiadat , status sosial ekonomi , dan jender. Kurikulum meliputisubstansi bagian muatan wajib kurikulum , muatan setempat , dan pengembangan dirisecara terpadu , serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermaknadan sempurna antar substansi.

3.  Tanggap terhadap kemajuan ilmupengetahuan , teknologi dan seni.
Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmupengetahuan , teknologi dan seni yang meningkat secara dinamis. Olehkarena itu , semangat dan isi kurikulum menyediakan pengalaman berguru pesertadidik untuk mengikuti dan mempergunakan kemajuan ilmu wawasan ,teknologi , dan seni.

4. Relevan dengan keperluan kehidupan.
Pengembangan kurikulum dilaksanakan dengan  melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansipendidikan dengan keperluan kehidupan , tergolong di dalamnya kehidupan kemasyarakatan , dunia kerja keras dan  dunia kerja. Oleh alasannya merupakan itu ,pengembangan keahlian pribadi ,  keahlian sosial , keterampilanakademik , dan keahlian vokasional.

5. Menyeluruh dan berkesinambungan.
Substansi kurikulum meliputi keseluruhan dimensikompetensi ,   bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yangdirencanakan dan dihidangkan secara berkelanjutan antar semua jenjangpendidikan.

6. Belajar sepanjang hayat.
Kurikulum diarahkan terhadap proses pengembangan , pembudayaan ,dan pemberdayaan penerima didik yang berjalan sepanjang hayat. Kurikulummencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal , nonformal , daninformal  dengan memperhatikan keadaan dan permintaan lingkungan yang selaluberkembang serta arah pengembangan insan seutuhnya.

7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingandaerah.
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingannasional dan kawasan untuk membangun kehidupan bermasyarakat , berbangsa , danbernegara. Kepentingan nasional dan kawasan mesti saling mengisi danmemberdayakan sejalan dengan  Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka NegaraKesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Demikian santapan perihal Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum yang sanggup penullis sajikan dalam peluang ini.

Dapatkan Juga GRATIS Untuk Anda !!!

No
Nama Perangkat
Action
1
Materi Diklat Kurikulum
2
Dokumen 1 Kurikulum
3
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
4
Silabus Tematik dan Mata Pelajaran
5
Program Tahunan dan Semester
6
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
6
Buku Guru dan Buku Siswa
7
Penilaian Hasil Belajar
DOWNLOAD
8
Buku Kerja Guru

Semoga Bermanfaat !!!

Labels:Artikel ,Kurikulum

Thanks for reading Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum. Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum - Tozsugianto"