Struktur Kurikulum 2013 Sekolah Dasar - Tozsugianto
Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi kontenkurikulum dalam bentuk mata pelajaran , posisi konten/mata pelajaran dalamkurikulum , distribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun , bebanbelajar untuk mata pelajaran dan beban berguru per ahad untuk setiap pesertadidik. Struktur kurikulum yakni juga ialah aplikasi konseppengorganisasian konten dalam metode berguru dan pengorganisasian beban belajardalam metode pembelajaran. Pengorganisasian konten dalam metode berguru yangdigunakan untuk kurikulum yang mau tiba yakni metode semester sedangkan pengorganisasianbeban berguru dalam metode pembelajaran menurut jam pelajaran per semester.Struktur kurikulum yakni juga citra perihal penerapan prinsip kurikulummengenai posisi seorang penerima didik dalam menyelesaikan pembelajaran di suatusatuan atau jenjang pendidikan.
Dalam struktur kurikulum menggambarkan idekurikulum perihal posisi berguru seorang penerima didik yakni apakah merekaharus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam strukturataukah kurikulum memberi peluang terhadap penerima didik untuk menentukanberbagai pilihan. Struktur kurikulum terdiri atas sejumlah mata pelajaran , danbeban belajar.
Berikut yakni Struktur Kurikulum 2013 tingkat SD (SD)
No | Mata Pelajaran | Alokasi Waktu Belajar Perminggu | |||||
I | II | III | IV | V | VI | ||
Kelompok A | |||||||
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 5 | 5 | 6 | 5 | 5 | 5 |
3 | Bahasa Indonesia | 8 | 9 | 10 | 7 | 7 | 7 |
4 | Matematika | 5 | 6 | 6 | 6 | 6 | 6 |
5 | Ilmu Pengetahuan Alam | - | - | - | 3 | 3 | 3 |
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | - | - | - | 3 | 3 | 3 |
Kelompok B | |||||||
1 | Seni Budaya dan Prakarya | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
2 | Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
3 | Bahasa Daerah | ||||||
Jumlah Alokasi Waktu Perminggu | 30 | 32 | 34 | 36 | 36 | 36 |
Prinsip pengintegrasian IPA dan IPS di kelas I , II , dan IIIdi atas sanggup dipraktekkan dalam pengintegrasian muatan lokal. Kompetensi Dasarmuatan setempat yang berkenaan dengan seni , budaya dan keahlian , serta bahasadaerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya.Kompetensi Dasar muatan setempat yang berkenaan dengan olahraga serta permainandaerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani , Olahraga danKesehatan.
Demikian menu isu perihal Struktur Kurikulum 2013Sekolah Dasar yang sanggup disampaikandalam peluang ini.
Dapatkan Juga GRATIS Untuk Anda !!!
No | Nama Perangkat | Action |
1 | Materi Diklat Kurikulum | |
2 | Dokumen 1 Kurikulum | |
3 | Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) | |
4 | Silabus Tematik dan Mata Pelajaran | |
5 | Program Tahunan dan Semester | |
6 | Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) | |
6 | Buku Guru dan Buku Siswa | |
7 | Penilaian Hasil Belajar | DOWNLOAD |
8 | Buku Kerja Guru |
Semoga Bermanfaat !!!
Tidak ada komentar untuk "Struktur Kurikulum 2013 Sekolah Dasar - Tozsugianto"
Posting Komentar