Inilah 9 Pergeseran Kurikulum 2013 Hasil Revisi 2017 - Tozsugianto
Setelah tidak boleh penggunaannya di sebagian besar sekolah , Kurikulum 2013 direvisi dalam beberapa faktor yang tidak mengecewakan banyak. Setelah dijalankan revisi , Kurikulum 2013 timbul dengan model baru. Mulai Tahun pelajaran 2017/2018 Kurikulum 2013 hasil revisi 2017 diberlakukan secara nasional dan terakhir pada tahun 2018/2019 seluruh sekolah di Indonesia mesti menjalankan Kurikulum 2013 hasil revisi 2017.
Berikut disampaikan garis besar 9 Perubahan dalam Kurikulum 2013 hasil Revisi 2017 merupakan selaku berikut:
- Nama kurikulum tidak bermetamorfosis kurikulum nasional tapitetap Kurikulum 2013 Edisi R evisi yang berlaku secara Nasional.
- Penilaian perilaku Kompetensi Inti (KI) 1 dan Kompetensi Inti (KI) 2 sudah ditiadakan di setiapmata pelajaran cuma Agama dan PKn tetapi KI tetap dicantumkankan dalampenulisan RPP.
- Jika ada 2 Nilai Praktik dalam 1 KD , maka yang diambiladalah nilai yang tertinggi. Penghitungan Nilai Ketrampilan dalam 1 KDditotal (praktek , produk , portofolio) dan diambil nilai rata-rata. Untuk wawasan ,bobot analisa harian , dan analisa final semester itu sama.
- Pendekatan Scientific 5M bukanlah satu-satunya tata cara saatmengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak mesti berurutan.
- Silabus Kurikulum 2013 edisi revisi lebih ramping cuma 3 kolom.Yaitu Kompetensi Dasar , Materi Pembelajaran , dan Kegiatan Pembelajaran.
- Perubahan Terminologi ulangan harian menjadi Penilaian Harian (PH) , Ulangan Akhir Semester menjadi Penilaian Akhir Semester untuk semester 1 dan Penilaian Akhir Tahun untuk semester 2 dan sudah tidak ada lagi Ulangan Tengah Semester , eksklusif ke Penilaian Akhir Semester.
- Dalam RPP , tidak perlu disebutkan nama tata cara pembelajaranyang digunakan dan materi dibentuk dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrikpenilaian. RPP K13 revisi 2017 yang dibentuk mesti timbul empat macamhal yaitu; Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) , Literasi , Creative - Criticalthinking - Communicative , dan Collaborative (4C) , dan mengintegrasikan HigherOrder Thinking Skill (HOTS) sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramunya.
- Skala penilaian menjadi skala 1 - 100. Penilaian Sikap diberikan dalam bentuk Predikat dan Deskripsi.
- Remedial diberikan untuk yang kurang tetapi sebelumnya siswadiberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial merupakan nilai yang dicantumkandalam hasil.
Demikian menu isu perihal 9 Perubahan Kurikulum 2013 Hasil Revisi 2017. Mudah-mudahan menjadi pengertian permulaan selaku titik masuk untuk mempelajari lebih lanjut Kurikulum 2013 model gres hasil Revisi 2017.
Semoga Bermanfaat !!!
Labels:Kurikulum
Thanks for reading Inilah 9 Perubahan Kurikulum 2013 Hasil Revisi 2017. Please share...!
Tidak ada komentar untuk "Inilah 9 Pergeseran Kurikulum 2013 Hasil Revisi 2017 - Tozsugianto"
Posting Komentar