Memahami Metode Tata Cara Regu (Team Teaching) Dalam Pembelajaran - Tozsugianto
Metode Sistem Regu(Team Teaching) dalam Pembelajaran || Metode Sistem Regu atau Metode Team Teaching padadasarnya ialah teknik mengajar yang dijalankan oleh dua orang guru maupunlebih , mereka melakukan pekerjaan sama dalam menyediakan pelajaran terhadap sekelompok anakdidik , jadi situasi kelas menjadi lebih hidup lantaran beberapa guru.
Sistem regu banyak macamnya , alasannya yaitu untuk satu regu tidaksenantiasa guru secara formal saja , tapi sanggup melibatkan orang luar yangdianggap perlu sesuai dengan kemampuan yang dibutuhkan.
Hal-hal yang mesti diamati dalam pelaksanaan Metode Sistem Regu (TeamTeaching) yaitu selaku berikut:
Hal-hal yang mesti diamati dalam pelaksanaan Metode Sistem Regu (TeamTeaching) yaitu selaku berikut:
- Harus ada kegiatan pelajaran yang disusun bareng oleh team tersebut , sehinggabetul-betul terang dan terarah sesuai dengan kiprah masing-masing dalam teamtersebut.
- Membagi kiprah tiap topik terhadap guru tersebut , sehinggamasalah tutorial pada siswa terarah dengan baik.
- Harus dicegah jangan hingga terjadi jam bebas akhir absensi seseorang guru anggota tim.
1. Tahap Awal
a. Perencanaan Pembelajaran Disusun secara Bersama
Perencanaan pembelajaran atau yang di sekarang ini lebih populerdengan perumpamaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mesti disusun secarabersama-sama oleh setiap guru yang tergabung dalam Team Teaching. Agar setiapguru yang tergabung dalam team teaching mengetahui wacana apa-apa yang tercantumdalam isi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tersebut , mulai dari standarkompetensi , kompetensi dasar , dan indikator yang mesti dicapai oleh siswa dariproses pembelajaran , hingga terhadap metode penilaian hasil penilaian siswa.
b. Metode Pembelajaran Disusun Bersama
Selain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang harusdisusun bareng oleh team , metode yang mau digunakan oleh mereka dalam prosespembelajaran Team Teaching pun mesti dijadwalkan bahu-membahu oleh anggotaTeam Teaching. Perencanaan metode secara bareng ini dijalankan mudah-mudahan setiap guruTeam Teaching mengenali alur proses pembelajaran dan tidak kehilangan arahpembelajaran.
c. Partner Team Teaching Memahami Materi dan IsiPembelajaran
Guru selaku partner dalam Team Teaching bukan cuma harusmengetahui tema dari bahan yang mau disampaikan terhadap siswa saja , lebih jauhdari itu , mereka juga mesti sama-sama mengenali dan mengetahui isi dari materipelajaran tersebut. Hal ini mudah-mudahan keduanya sanggup saling melengkapi kekuranganpengetahuan yang ada di dalam diri masing-masing. Terutama ini sanggup dirasakanmanfaatnya dalam penyampaian bahan pada siswa dan menjawabpertanyaan-pertanyaan siswa atas klarifikasi guru.
d. Pembagian Peran dan Tanggung Jawab Secara Jelas
Dalam Team Teaching , pembagian kiprah dan tanggung jawabmasing-masing guru mesti dibicarakan secara terang di saat mempersiapkan prosespembelajaran yang mau dilaksanakan , mudah-mudahan di saat proses pembelajaranberlangsung di dalam kelas , mereka tahu kiprah dan tugasnya masing-masing. Tidakada lagi yang namanya ketidakjelasan kiprah dan tanggung jawab dalam hal ini.
2. Tahap Inti
Satu guru selaku pemateri dalam dua jam mata pelajaranpenuh , dan satu orang selaku pengawas dan pembantu team. Dua orang gurubergantian selaku pemateri dalam dua jam pelajaran , dalam hal ini berartitugas selaku pemateri dibagi dua dalam dua jam pelajaran yang ada.
3. Tahap Evaluasi
a. Evaluasi Guru
Evaluasi guru selama proses pembelajaran dijalankan olehpartner team sehabis jam pelajaran berakhir. Evaluasi dijalankan olehmasing-masing partner dengan cara memberi kritikan-kritikan dan usulan yangmembangun untuk perbaikan proses pembelajaran selanjutnya. Dalam hal ini setiapguru yang diberi usulan mesti menemukan dengan baik saran-saran tersebut , karenahakekatnya itulah kelebihan dari team teaching. Setiap guru mesti merasa bahwamereka banyak mengalami kelemahan dalam diri mereka , tidak merasa diri palingbenar dan paling pintar. Evaluasi ini dijalankan di luar ruang kelas , inidilakukan untuk mempertahankan image masing-masing guru dihadapan siswa.
b. Evaluasi Siswa
Evaluasi siswa dalam hal ini meliputi pengerjaan soalevaluasi dan mempersiapkan metode penilaian , yang seluruhnya dijalankan secarabersama-sama oleh guru Team Teaching. Atas kontrak bareng guru harusmembuat soal-soal penilaian yang mau diberikan terhadap siswa , disini guru TeamTeaching mesti secara bahu-membahu menyeleksi bentuk soal penilaian , baik lisanataupun goresan pena , baik opsi ganda , uraian , atau variasi antara keduanya. Satuhal yang tak kalah pentingnya yaitu dalam penilaian siswa , guru juga diharuskanmerencanakan metode evaluasi. Perencanaan metode penilaian siswa ini di dalamnyamencakup pembagian kiprah dan tanggung jawab setiap guru Team Teaching dalampelaksanaan penilaian , serta pembagian pos-pos pengawasan.
Silahkan ; Metode Pembelajaran Lainnya - [klik di sini]
Silahkan ; Metode Pembelajaran Lainnya - [klik di sini]
Demikian menu pemberitahuan tentang Metode Sistem Regu dalam Pembelajaran yang sanggup disampaikan padakesempatan ini.
Semoga Bermanfaat !!!
Labels:Pendidikan
Thanks for reading Memahami Metode Sistem Regu (Team Teaching) dalam Pembelajaran. Please share...!
Tidak ada komentar untuk "Memahami Metode Tata Cara Regu (Team Teaching) Dalam Pembelajaran - Tozsugianto"
Posting Komentar