Memahami Karakteristik Dan Kompetensi Pjok Pada Kurikulum 2013 Sekolah Dasar - Tozsugianto
Pendidikan Jasmani , Olahraga , dan Kesehatan (PJOK) padahakikatnya yakni proses pendidikan yang mempergunakan aktivitas fisik untukmenghasilkan pergantian holistik dalam mutu individu , baik dalam hal fisik ,mental , serta emosional. PJOK memperlakukan anak selaku suatu kesatuan utuh ,makhluk total , ketimbang cuma menganggapnya selaku seseorang yang terpisahkualitas fisik dan mentalnya. PJOK menolong siswa berbagi pemahamantentang apa yang mereka butuhkan untuk menciptakan kontrak seumur hidup tentangarti penting hidup sehat dan aktif berbagi kapasitas untuk menjalanikehidupan yang bikin puas dan produktif. Hal ini memiliki efek pada meningkatkanproduktivitas dan kesiapan untuk berguru , mengembangkan semangat , mengurangiketidakhadiran , meminimalisir ongkos perawatan kesehatan , penurunan kelakuananti-sosial menyerupai bullying dan kekerasan , mengiklankan korelasi yang amandan sehat , dan mengembangkan kepuasan pribadi.
Sedangkan Ruang Lingkup Materi Mata Pelajaran PJOK Kelas IV ,V , dan VI SD (SD) yakni Sebagai Berikut:
Karakteristik pertumbuhan gerak anak turut mempengaruhipenentuan kompetensi mata pelajaran PJOK SD (SD). Karakteristikgerak tersebut dibedakan menurut usia anak , menyerupai berikut.
- Pada usia antara 7-8 tahun , anak sedang memasukiperkembangan gerak dasar dan memasuki tahap permulaan pertumbuhan gerak spesifik.Karakteristik permulaan pertumbuhan gerak spesifik sanggup diidentifikasi denganmakin sempurnanya kesanggupan melakukan aneka macam kesanggupan gerak dasar yangmenuntut kesanggupan kerjasama dan keseimbangan agak kompleks. Oleh kesudahannya ,keterampilan gerak yang dimiliki anak sudah sanggup diorientasikan pada berbagaibentuk , jenis dan tingkat permainan yang lebih kompleks.
- Pada anak berusia antara 9 s.d 10 tahun , anak sudah dapatmengunjukkerjakan rangkaian gerak yang multipleks-kompleks dengan tingkatkoordinasi yang makin baik. Kualitas kesanggupan pada tahap ini dipengaruhi olehketepatan rekayasa dan stimulasi lingkungan yang diberikan terhadap anak padausia sebelumnya. Pada tahap ini , anak pria dan wanita sudah memasukimasa permulaan masa remaja. Dengan efek pertumbuhan hormonal pada usia ini ,mereka akan mengalami pertumbuhan fisik dan pertumbuhan fungsi motorik yangsangat cepat.
Sedangkan Ruang Lingkup Materi Mata Pelajaran PJOK Kelas IV ,V , dan VI SD (SD) yakni Sebagai Berikut:
- Pola Gerak Dasar , meliputi: a) rujukan gerak dasar lokomotoratau gerakan berpindah wilayah , misalnya; berlangsung , berlari , melompat ,berguling , b) rujukan gerak non-lokomotor atau bergerak di wilayah , misalnya;membungkuk , meregang , berputar , mengayun , mengelak , berhenti , c) Pola gerakmanipulatif atau mengendalikan/mengontrol objek , misalnya; melempar bola ,menangkap bola , menghantam bola menggunakan tongkat , menendang bola.
- Aktivitas Permainan Bola Besar misalnya: sepakbola ,bolavoli , bolabasket , bolatangan dan/atau permainan tradisonal dan sederhanalainnya.
- Aktivitas Permainan Bola Kecil misalnya: rounders , kasti ,softball , dan/atau permainan tradisonal dan sederhana lainnya.
- Aktivitas Atletik misalnya: jalan , lari , lompat , danlempar , dan/atau permainan tradisonal dan sederhana lainnya.
- Aktivitas Beladiri misalnya: seni beladiri pencak silat ,karate , taekwondo , dan/atau beladiri lainnya.
- Aktivitas Pengembangan Kebugaran Jasmani , termasuk sikaptubuh , pengembangan komponen kebugaran berhubungan dengan kesehatan danketerampilan , serta pengukurannya secara sederhana.
- Aktivitas Senam meliputi: rujukan gerak mayoritas dengan dantanpa alat.
- Aktivitas Gerak Berirama meliputi: rujukan gerak dasarlangkah , gerak dan ayunan lengan , musikalitas serta apresiasi terhadap kualitasestetika gerakan.
- Aktivitas Air ,meliputi: pengenalan air , keamanan dan pemberian di air , dan beberapa gayarenang.
- Kesehatan ,meliputi; bagian-bagian badan , faedah pemanasan dan pendinginan , kebersihanlingkungan , faedah istirahat dan pengisian waktu luang , makanan bergizi danjajanan sehat , jenis cidera dan cara penanggulangannya , sikap terpuji ,kebersihan alat reproduksi , NAPZA , pemeliharaan diri dan orang lain daripenyakit menular dan tidak menular.
Dapatkan Juga GRATIS Untuk Anda !!!
No | Nama Perangkat | Action |
1 | Materi Diklat Kurikulum | |
2 | Dokumen 1 Kurikulum | |
3 | Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) | |
4 | Silabus Tematik dan Mata Pelajaran | |
5 | Program Tahunan dan Semester | |
6 | Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) | |
6 | Buku Guru dan Buku Siswa | |
7 | Penilaian Hasil Belajar | DOWNLOAD |
8 | Buku Kerja Guru |
Semoga Bermanfaat !!!
Tidak ada komentar untuk "Memahami Karakteristik Dan Kompetensi Pjok Pada Kurikulum 2013 Sekolah Dasar - Tozsugianto"
Posting Komentar