Inilah Karakteristik Guru Zaman Now - Tozsugianto

Kita sering mendengar kata-kata "kids zaman now" atau mungkin "emak-emak zaman now" beserta foto aktivitasnya di media sosial. Kondisi tersebut menggambarkan kehidupan kontemporer di era 21. Keadaan yang seluruhnya mengarah pada glamouritas dan berlomba-lomba menempatkan diri menjadi nomor wahid dalam hal "gengsi" sudah menjadi bab kehidupan di saat ini.

Ketika bicara soal GURU di era 21 ini dalam kaitannya dengan perumpamaan "...... zaman now" , seumpama apakah kira-kira kalau seorang guru di media biasa mempublikasi aktivitasnya dengan menyebut dirinya sebagai guru zaman now. Sehubungan dengan hal tersebut , untuk menolong para guru mengevaluasi apakah sudah patut menyebut dirinya guru zaman now , berikut ada beberapa tolok ukur yang palilng tidak menempel dalam keseharian guru baik selaku eksklusif maupun selaku profesi. 

;
  1. Tidak Pernah Berhenti Belajar atau menjadi pembelajar seumurhidup. Guru perlu meng-upgrade terus pengetahuannya dengan banyak membaca sertaberdiskusi dengan pengajar lain atau mengajukan pertanyaan pada para ahli. Tak pernah adakata puas dengan wawasan yang ada , alasannya yaitu zaman terus berubah dan guruwajib up to date agar sanggup mendampingi siswa menurut kebutuhanmereka.
  2. Tidak Alergi dengan Perubahan serta Menyukai Tantangan.Tuntutan kehidupan dalam semua faktor senantiasa berubah sedemikian cepat. Sebagaiagent of change , guru sepatutnya menjadi yang terdepan dalam membimbing anakdidik dan penduduk untuk siap mengantisipasi dan bahkan menjadi agenperubahan.
  3. Memiliki Kemampuan  ber-Kreasidan ber-Inovasi. Siswa yang inovatif lahir dari guru yang inovatif daninovatif. Guru diharap bisa mempergunakan kombinasi sumber mencar ilmu untuk menyusunkegiatan di dalam kelas.
  4. Menguasai dan Memanfaatkan Teknologi utamanya TeknologiInformasi dalam segala faktor profesi apalagi secara khusus dalam Pembelajaran. Salahsatu ciri dari versi pembelajaran era 21 adalah blendedlearning , gabungan antara tata cara tatap wajah tradisional dan penggunaandigital dan online media. Pada pembelajaran era 21 , teknologi bukan sesuatuyang sifatnya additional , bahkan wajib.
  5. Memiliki kesanggupan menjalankan Refleksi kepada hasilpekerjaan. Guru yang reflektif yaitu guru yang dapat menggunakan penilaianhasil mencar ilmu untuk mengembangkan mutu mengajarnya. Guru yang reflektifmengetahui kapan seni administrasi mengajarnya kurang maksimal untuk menolong siswamencapai kesuksesan belajar. Ada berapa guru yang tak pernah peka bahkansetelah mengajar beberapa tahun bahwa pendekatannya tak cocok dengan gayabelajar siswa. Guru yang reflektif bisa mengoreksi pendekatannya mudah-mudahan cocokdengan keperluan siswa , bukan malah terus menyalahkan kesanggupan siswa dalammenyerap pembelajaran
  6. Mampu menjalankan Kolaborasi. Ini yaitu salah satukeunikan pembelajaran era 21. Guru sanggup berkolaborasi dengan rekan guru dandengan siswa dalam pembelajaran. Selalu ada mutual respect dankehangatan sehingga pembelajaran akan lebih menyenangkan. Selain itu guru jugamembangun kerja sama dengan orang bau tanah lewat komunikasi aktif dalam memantauperkembangan anak.
  7. Memposisikan Siswa selaku Subjek dalam Pembelajaran. Iniadalah salah satu kunci dalam pembelajaran kelas kekinian. Dalam halini , siswa memiliki tugas aktif dalam pembelajaran sehingga guru hanyabertindak selaku fasilitator. Karenanya , dalam kelas era 21 tata cara ceramahtak lagi terkenal untuk diterapkan alasannya yaitu lebih banyak mengandalkan komunikasisatu arah antara guru dan siswa.
  8. Memposisikan Siswa selaku Teman. Guru jaman kini tidakjamannya lagi menjadi sosok yang ke-bapak-an yang semuanya mesti dihormati danbahkan ditakuti. Jika bisa memposisikan diri selaku kawan yang lebih dewasadi antara para siswanya , maka guru akan lebih banyak diterima dalam pergaulandan pembelajaran dengan para siswanya.
  9. Menerapkan pendekatan Diferensiasi. Dalam menerapkanpendekatan ini , guru akan merancang kelas menurut gaya mencar ilmu siswa.pengelompokkan siswa di dalam kelas juga menurut minat serta kemampuannya.Dalam menjalankan analisa guru menerapkan formative assessment denganmenilai siswa secara terpola menurut performanya (tak cuma tes tulis). Takhanya itu , guru bareng siswa berupaya untuk mengendalikan kelas mudah-mudahan menjadilingkungan yang kondusif dan suportif untuk pembelajaran.
  10. Bersikap dan Berpenampilan Luwes serta Fleksibel. Luwes danfleksibel dalam bersikap sepatutnya diterapkan oleh guru baik dalam kehidupanpribadi maupun kehidupan profesi alasannya yaitu guru mesti bisa digugu dan ditiru.
Demikian kiranya santapan pemikiran dan isu tentang Karakteristik Guru Zaman Now. Mudah-mudahan ini menjadi barometer guru untuk terus berada pada posisi zaman now hingga kapanpun.

Semoga Bermanfaat !!!
Labels:Artikel ,Pendidikan

Thanks for reading Inilah Karakteristik GURU ZAMAN NOW. Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Inilah Karakteristik Guru Zaman Now - Tozsugianto"