Pendekatan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar - Tozsugianto
Untuk melakukan pembelajaran Matematika secara khususmemang membutuhkan pemikiran tersendiri yang memungkinkan Matematika lebihdisukai oleh siswa sehingga pembelajaran Matematika menjadi lebih menyenangkan.Dalam Kurikulum 2013 , Pendekatan Saintifik sungguh dianjurkan untuk digunakan. Pendekatansaintifik diadaptasi dengan bahan yang ada pada mata pelajaran matematikadimana siswa berbagi wawasan , kesanggupan berpikir dan keterampilanpsikomotorik lewat interaksi eksklusif dengan sumber berguru yang dirancang dalam Silabus dan RencanaPelaksanaan Pembelajaran (RPP) berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran denganpendekatan pembelajaran saintifik , yaitu:
Satu hal yang prinsip yang wajib bahwa pembelajaran Matematikahendaknya berangkat dari hal-hal yang bersifat faktual menuju abstrak.Berdasarkan hal tersebut , dalam pelaksanaan acara berguru mengajar gurudituntut lebih banyak memakai benda kongkrit , media dan alat peraga yangmenarik yang tepat dengan permintaan kompetensi , atau dimulai dengan pemecahanmasalah sederhana sehari-hari dan menantang untuk membangun contoh berpikirkritis siswa.
- Kegiatan mengamati insiden , peristwa , suasana , contoh ,fenomena yang terkait dengan matematika dan mulai dikenalkan pemodelanmatematika dalam banyak sekali bentuk;
- Menanya atau mempertanyakan mengapa atau bagaimanafenomena bisa terjadi;
- Mengumpulkan atau menggali pemberitahuan lewat menjajal ,percobaan , mengkaji , mendiskusikan untuk mendalami rancangan yang terkait denganfenomena tersebut;
- Melakukan perkumpulan atau menganalisis secara kritis dalammenjelaskan keterkaitan antar rancangan dan memakai , mempergunakan dan memilihprosedur/algoritma yang tepat , menyusun kebijaksanaan sehat dan generalisasi; dan
- Mengomunikasikan apa yang telah ditemukannya dalamkegiatan analisis.
- Aktivitas berguru di bawah panduan guru maupun mandiridengan memakai rancangan dan mekanisme secara benar dan sistematis.
- Melatih kesanggupan berpikir untuk menghasilkan generalisasidari fakta , data , fenomena yang ada.
- Melatih kemampuan melakukan operasi atau manipulasimatematika untuk mempersempit versi atau kalimat matematika dalam rangkamenyelesaikan masalah.
- Pembelajaran berbasis pemecahan masalah.
;
Satu hal yang prinsip yang wajib bahwa pembelajaran Matematikahendaknya berangkat dari hal-hal yang bersifat faktual menuju abstrak.Berdasarkan hal tersebut , dalam pelaksanaan acara berguru mengajar gurudituntut lebih banyak memakai benda kongkrit , media dan alat peraga yangmenarik yang tepat dengan permintaan kompetensi , atau dimulai dengan pemecahanmasalah sederhana sehari-hari dan menantang untuk membangun contoh berpikirkritis siswa.
Demikian hidangan pemberitahuan tentang Pendekatan dalam PembelajaranMatematika di Sekolah Dasar yang sanggup disampaikan dalam peluang ini.
No | Nama Perangkat | Action |
1 | Materi Diklat Kurikulum | |
2 | Dokumen 1 Kurikulum | |
3 | Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) | |
4 | Silabus Tematik dan Mata Pelajaran | |
5 | Program Tahunan dan Semester | |
6 | Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) | |
6 | Buku Guru dan Buku Siswa | |
7 | Penilaian Hasil Belajar | DOWNLOAD |
8 | Buku Kerja Guru |
Semoga Bermanfaat !!!
Tidak ada komentar untuk "Pendekatan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar - Tozsugianto"
Posting Komentar