Pendekatan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar - Tozsugianto

Untuk melakukan pembelajaran Matematika secara khususmemang membutuhkan pemikiran tersendiri yang memungkinkan Matematika lebihdisukai oleh siswa sehingga pembelajaran Matematika menjadi lebih menyenangkan.Dalam Kurikulum 2013 , Pendekatan Saintifik sungguh dianjurkan untuk digunakan. Pendekatansaintifik diadaptasi dengan bahan yang ada pada mata pelajaran matematikadimana siswa berbagi wawasan , kesanggupan berpikir dan keterampilanpsikomotorik lewat interaksi eksklusif dengan sumber berguru  yang dirancang dalam Silabus dan RencanaPelaksanaan Pembelajaran (RPP) berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran denganpendekatan pembelajaran saintifik , yaitu:
  1. Kegiatan mengamati insiden , peristwa , suasana , contoh ,fenomena yang terkait dengan matematika dan mulai dikenalkan pemodelanmatematika dalam banyak sekali bentuk;
  2. Menanya atau mempertanyakan mengapa atau bagaimanafenomena bisa terjadi;
  3. Mengumpulkan atau menggali pemberitahuan lewat menjajal ,percobaan , mengkaji , mendiskusikan untuk mendalami rancangan yang terkait denganfenomena tersebut;
  4. Melakukan perkumpulan atau menganalisis secara kritis dalammenjelaskan keterkaitan antar rancangan dan memakai , mempergunakan dan memilihprosedur/algoritma yang tepat , menyusun kebijaksanaan sehat dan generalisasi; dan
  5. Mengomunikasikan apa yang telah ditemukannya dalamkegiatan analisis.
Selain memakai pendekatan saintifik , guru juga dapatmenggunakan versi pembelajaran lain seperti: versi pembelajaran kooperatif;pembelajaran kontekstual; versi pembelajaran penemuan terbimbing; pembelajaranberbasis proyek; dan pembelajaran berbasis masalah. Akan tetapi , dalampembelajaran matematika terdapat hal-hal yang perlu ditekankan , yaitu:
  1. Aktivitas berguru di bawah panduan guru maupun mandiridengan memakai rancangan dan mekanisme secara benar dan sistematis.
  2. Melatih kesanggupan berpikir untuk menghasilkan generalisasidari fakta , data , fenomena yang ada.
  3. Melatih kemampuan melakukan operasi atau manipulasimatematika untuk mempersempit versi atau kalimat matematika dalam rangkamenyelesaikan masalah.
  4. Pembelajaran berbasis pemecahan masalah.
;

Satu hal yang prinsip yang wajib bahwa pembelajaran Matematikahendaknya berangkat dari hal-hal yang bersifat faktual menuju abstrak.Berdasarkan hal tersebut , dalam pelaksanaan acara berguru mengajar gurudituntut lebih banyak memakai benda kongkrit , media dan alat peraga yangmenarik yang tepat dengan permintaan kompetensi , atau dimulai dengan pemecahanmasalah sederhana sehari-hari dan menantang untuk membangun contoh berpikirkritis siswa.

Demikian hidangan pemberitahuan tentang Pendekatan dalam PembelajaranMatematika di Sekolah Dasar yang sanggup disampaikan dalam peluang ini.

No
Nama Perangkat
Action
1
Materi Diklat Kurikulum
2
Dokumen 1 Kurikulum
3
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
4
Silabus Tematik dan Mata Pelajaran
5
Program Tahunan dan Semester
6
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
6
Buku Guru dan Buku Siswa
7
Penilaian Hasil Belajar
DOWNLOAD
8
Buku Kerja Guru

Semoga Bermanfaat !!!

Labels:Artikel ,Kurikulum

Thanks for reading Pendekatan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Pendekatan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar - Tozsugianto"