Inilah Perbedaan Kurikulum Ktsp 2006 Dengan Kurikulum 2013 Yang Wajib Dikenali - Tozsugianto
Kurikulum merupakan salah satu elemen pendidikan yangkeberadaannya sungguh vital. Kurikulum merupakan muatan isi atau bahan yangakan diberikan terhadap akseptor didik selama menempuh pendidikan pada jenis danjenjang pendidikan tertentu. Kurikulum sering dikaitkan dengan siapa yangmenjadi “penguasa” dalam dunia pendidikan , sehingga telah kental dalam telingakita ungkapan “ganti menteri ganti kurikulum”.
Di Indonesia , ketika ini masih sedang dalam masa transisi 2kurikulum yang masih belum juga akibat merupakan Kurikulum 2006 yang seringdiistilahkan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan Kurikulum2013. Berbagai persepsi terhadap kedua kurikulum tersebut sungguh banyakdilontarkan. Apalagi dalam sejarah perubahan kurikulum di indonesia ,pergantian kurikulum dari Kurikulum 2006 ke Kurikulum 2013 merupakan peristiwapergantian kurikulum paling gempar dengan masa transisi paling lama.
Dalam kondisi masih transisi , berikut dihidangkan PerbedaanKurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013 yang perlu diketahui. Nah , berikutperbedaannya antara KTSP dengan Kurikulum 2013
No | Sudut Pandang | Kurikulum 2006 (KSP) | Kurikulum 2013 |
1 | Kompetensi kelulusan | - Belum sepenuhnya menekankan pendidikan karakter - Belum menciptakan Keterampilan sesuai kebutuhan - Pengetahuan-pengetahuan lepas | - Berkarakter mulia - Keterampilan yang relevan - Pengetahuan-pengetahuan terkait |
2 | Materi Pembelajaran | - Belum berhubungan dengan kompetensi yang dibutuhkan - Beban berguru terlalu berat - Terlalu luas , kurang mendalam | - Relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan - Materi esensial - Sesuai dengan tingkat kemajuan anak |
3 | Proses Pembelajaran | - Berpusat pada guru (teacher centered learning) - Sifat pembelajaran yang berorientasi pada buku teks - Buku teks cuma menampung bahan bahasan | - Berpusat pada akseptor didik (student centered active learning) - Sifat pembelajaran yang kontekstual - Buku teks menampung bahan dan proses pembelajaran , tata cara analisa serta kompetensi yang diharapkan |
4 | Penilaian | - Menekankan faktor kognitif - Test menjadi cara analisa yang dominan | - Menekankan faktor kognitif , afektif , psikomotorik secara proporsional - Penilaian test dan portofolio saling melengkapi |
5 | Standar Kompetensi Kelulusan | diturunkan dari Standar Isi | diturunkan dari kebutuhan masyarakat |
6 | Standar Isi | diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran | diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran |
7 | Struktur Mata Pelajaran | pembentuk kemampuan , dan pembentuk pengetahuan | Semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan perilaku , kemampuan , dan pengetahuan |
8 | Pengelolaan Kurikulum | - Satuan pendidikan memiliki keleluasaan dalam pengelolaan kurikulum - Masih terdapat kecenderungan satuan pendidikan menyusun kurikulum tanpa menimbang-nimbang kondisi satuan pendidikan , keperluan akseptor didik , dan potensi daerah - Pemerintah cuma mempersiapkan hingga kriteria isi mata pelajaran | - Pemerintah Pusat dan Daerah memiliki kontrol mutu dalam pelaksanaan kurikulum di tingkat satuan pendidikan. - Satuan pendidikan bisa menyusun kurikulum dengan menimbang-nimbang kondisi satuan pendidikan , keperluan akseptor didik , dan potensi daerah - Pemerintah mempersiapkan semua elemen kurikulum hingga buku teks dan pedoman |
9 | Kompetensi Mata Pelajaran | diturunkan dari mata pelajaran | diturunkan dari mata pelajaran |
10 | Pengembangan Kurikulum | Pengembangan kurikulum hingga pada komptensi dasar | Pengembangan kurikulum sampai pada buku teks dan buku pedoman guru |
11 | Proses Penyusunan Silabus Guru | Hampir Mutlak dibatasi oleh SK-KD | Hampir Mutlak dibatasi oleh SK-KD |
12 | Kompetensi Guru | Diutamakan Harus Tinggi | Sebaiknya itu Tinggi , Namun bagi yang rendah ada peluang terbantu dengan adanya buku |
13 | Hasil Pembelajaran Siswa | Tergantung sepenuhnya pada guru | Tidak sepenuhnya Tergantung Pada Guru , tapi juga buku yang ditawarkan pemerintah |
Demikian sajian isu perihal Perbedaan Kurikulum KTSP 2006 denganKurikulum 2013 yang sanggup dihidangkan pada peluang ini.
Semoga Bermanfaat !!!
Tidak ada komentar untuk "Inilah Perbedaan Kurikulum Ktsp 2006 Dengan Kurikulum 2013 Yang Wajib Dikenali - Tozsugianto"
Posting Komentar