Memahami Faktor Yang Dinilai Dalam Analisa Kinerja Guru (Pk Guru) - Tozsugianto


Memahami Aspek yang Dinilai dalam Penilaian Kinerja Guru (PKGuru) || Guru selaku pendidik profesional memiliki kiprah utamamendidik , mengajar , membimbing , mengarahkan , melatih , menganggap , dan mengevaluasipeserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal ,pendidikan dasar , dan pendidikan menengah. Selain kiprah terutama tersebut , gurujuga dimungkinkan memiliki tugas-tugas lain yang berkaitan dengan fungsisekolah/madrasah. Oleh alasannya itu , dalam penilaian kinerja guru beberapasubunsur yang perlu dinilai merupakan selaku berikut.

Penilaian kinerja yang terkait dengan pelaksanaan proses pembelajaranbagi guru mata pelajaran atau guru kelas , meliputi aktivitas menyiapkan danmelaksanakan pembelajaran , menganalisa dan menganggap , menganalisis hasilpenilaian , dan menjalankan tindak lanjut hasil penilaian dalam menerapkan 4(empat) domain kompetensi yang mesti dimiliki oleh guru sesuai dengan PeraturanMenteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademikdan Kompetensi Guru. Pengelolaan pembelajaran tersebut mensyaratkan gurumenguasai 24 (dua puluh empat) kompetensi yang dikelompokkan ke dalamkompetensi pedagogik , kepribadian , sosial , dan profesional. Untuk mempermudahpenilaian dalam PK GURU , 24 (dua puluh empat) kompetensi tersebut dirangkummenjadi 14 (empat belas) kompetensi sebagaimana dipublikasikan oleh BadanStandar Nasional Pendidikan (BSNP).


Penilaian kinerja dalam menjalankan proses pembimbingan bagiguru Bimbingan Konseling (BK)/Konselor meliputi aktivitas menyiapkan danmelaksanakan pembimbingan , menganalisa dan menganggap hasil panduan ,menganalisis hasil penilaian pembimbingan , dan menjalankan tindak lanjut hasilpembimbingan. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor terdapat 4(empat) ranah kompetensi yang mesti dimiliki oleh guru BK/Konselor. Penilaiankinerja guru BK/konselor mengacu pada 4 domain kompetensi tersebut yang mencakup17 (tujuh belas) kompetensi.


Kinerja yang terkait dengan pelaksanaan kiprah pemanis yangrelevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Pelaksanaan kiprah pemanis inidikelompokkan menjadi 2 , yakni kiprah pemanis yang menghemat jam mengajartatap tampang dan yang tidak menghemat jam mengajar tatap muka. Tugas tambahanyang menghemat jam mengajar tatap tampang meliputi: (1) menjadi kepalasekolah/madrasah per tahun; (2) menjadi wakil kepala sekolah/madrasah pertahun; (3) menjadi ketua aktivitas keahlian/program studi atau yang sejenisnya;(4) menjadi kepala perpustakaan; atau (5) menjadi kepala laboratorium , bengkel ,unit buatan , atau yang sejenisnya. Tugas pemanis yang tidak menghemat jammengajar tatap tampang dikelompokkan menjadi 2 juga , yakni kiprah pemanis minimalsatu tahun (misalnya menjadi wali kelas , guru pembimbing aktivitas induksi , dansejenisnya) dan kiprah pemanis kurang dari satu tahun (misalnya menjadi pengawaspenilaian dan penilaian pembelajaran , penyusunan kurikulum , dan sejenisnya). Penilaiankinerja guru dalam menjalankan kiprah pemanis yang mengurangai jam mengajartatap tampang dinilai dengan menggunakan instrumen khusus yang dirancang berdasarkankompetensi yang dipersyaratkan untuk menjalankan kiprah pemanis tersebut.





Demikian sajian isu mengenai Memahami Aspek yangDinilai dalam Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) yang sanggup disampaikan padakesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels:Info Guru

Thanks for reading Memahami Aspek yang Dinilai dalam Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Please share...!

Tidak ada komentar untuk "Memahami Faktor Yang Dinilai Dalam Analisa Kinerja Guru (Pk Guru) - Tozsugianto"