Teknik Analisis Kompetensi Kepada Kurikulum Untuk Mendesain Pembelajaran Efektif - Tozsugianto
Setiap pembelajaran yang ditangani sebelumnya telahdirencanakan dengan baik mudah-mudahan meraih tujuan pembelajaran yang efektif danefisien. Namun mungkin masih banyak yang belum sanggup mepraktekkan bahwasesungguhnya penyusunan rencana kepada pembelajaran tersebut hendaknya dilakukansejak jauh hari dengan melibatkan semua pihak di sekolah. Apa yang harusdilakukan sekolah ? Yaitu mengerjakan Analisis Kompetensi kepada Kurikulum.
Sebelumnya , :
Pengertian Kurikulum - KLIK di SINI
Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum - KLIK di SINI
Sebelumnya , :
Pengertian Kurikulum - KLIK di SINI
Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum - KLIK di SINI
Berikut yakni disuguhkan Teknik Analisis Kompetensi kepada Kurikulum untuk Merancang Pembelajaran Efektif , langkah-langkahnya adalah:
- Mengkaji Dokumen I Kurikulum termasuk kajian visi , misi ,dan tujuan satuan pendidikan pendidikan , alokasi waktu dan beban berguru ,kalender pendidikan untuk mendesain RPP yang proporsional sesuai dengan alokasitersedia.
- Mengkaji Dokumen II Kurikulum yang berisi silabus.Silabus yakni planning pembelajaran pada sebuah mata pelajaran atau tematertentu dalam pelaksanaan kurikulum. Kajian secara kontekstual , faktual danaktual ditangani untuk diperkaya , dilengkapi , diubahsuaikan atau ditata ulangsecara kontekstual karakteristik tiap tempat , satuan pendidikan dan siswa.
- Menentukan dan menghasilkan pemetaan beban berguru dan alokasiwaktu untuk pembelajaran tematik terpadu , pendidikan agama dan kebijaksanaan pekerti ,matematika dan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk tiap ahad ,semester dan satu tahun pelajaran.
- Materi pembelajaran dari silabus dirinci ke dalammateri-materi pembelajaran pada masing-masing RPP. Tujuannya mudah-mudahan keseluruhanmateri dan kompetensi dasar terbagi habis ke RPP dalam satu semester atau satutahun pembelajaran.
- Mengkaji buku guru untuk diperkaya , dilengkapi ,disesuaikan atau ditata ulang secara kontekstual , faktual dan nyata sesuaikondisi , keperluan , potensi , suasana , sosial ekonomi dan budaya sertakarakteristik siswa , satuan pendidikan dan daerah. Buku guru berisi pedomanyang menampung taktik pembelajaran , sistem pembelajaran , teknik pembelajaran ,dan analisa untuk setiap mata pelajaran dan/atau tema pembelajaran.
- Mengkaji buku teks pelajaran untuk siswa untuk diperkaya ,dilengkapi , diubahsuaikan atau ditata ulang secara kontekstual , faktual danaktual sesuai keadaan , keperluan , potensi , suasana , sosial ekonomi dan budayaserta karakteristik siswa , satuan pendidikan dan daerah. Buku siswa menampung rencanapembelajaran berbasis aktivitas. Didalamnya menampung urutan pembelajaran yangdinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang mesti ditangani siswa. Buku inimengarahkan yang mesti ditangani siswa bareng guru untuk meraih kompetensitertentu , bukan buku yang materinya dibaca , diisi , atau dihafal. Buku siswamerupakan buku bimbingan sekaligus buku acara yang mau membuat lebih gampang para siswaterlibat aktif dalam pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswalebih ialah referensi kegiatan yang sanggup diseleksi guru dalam melaksanakanpembelajaran untuk meraih kompetensi tertentu. Guru diperlukan mampumengembangkan ide-ide inovatif lebih lanjut dengan mempergunakan alternatifkegiatan yang dipersiapkan di dalam buku guru , atau berbagi ide-idepembelajaran sendiri.
- Menyusun RPP seumpama yang sudah diterangkan – (KLIK di SINI). Dan suplemen bahwa lampiran RPP mesti terdapat: alat dan rubrikpenilaian , materi asuh , lembar kerja , dan perangkat sumber belajar.
Dapatkan Juga GRATIS Untuk Anda !!!
No | Nama Perangkat | Action |
1 | Materi Diklat Kurikulum | |
2 | Dokumen 1 Kurikulum | |
3 | Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) | |
4 | Silabus Tematik dan Mata Pelajaran | |
5 | Program Tahunan dan Semester | |
6 | Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) | |
6 | Buku Guru dan Buku Siswa | |
7 | Penilaian Hasil Belajar | DOWNLOAD |
8 | Buku Kerja Guru |
Semoga Bermanfaat !!!
Tidak ada komentar untuk "Teknik Analisis Kompetensi Kepada Kurikulum Untuk Mendesain Pembelajaran Efektif - Tozsugianto"
Posting Komentar