Pengertian| Fungsi Dan Tahapan Penetapan Kkm - Tozsugianto

Bagi Guru , sesungguhnya secara teoritis mengenai KriteriaKetuntasan Minimal (KKM) banyak yang menilai tidak terlampau penting. Namun ,penulis beropini bahwa tanpa bekal teoritis , kesanggupan guru dalam menentukanKKM tidak akan optimal. Sehubungan dengan hal tersebut , berikut disajikanPengertian , Fungsi dan Tahapan Penetapan KKM yang mesti dimengerti dan dipahamiserta sanggup dipraktekan.
Pengertian KKM
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) merupakan patokan terendah untukmenyatakan penerima didik meraih ketuntasan. KKM mesti ditetapkan di awaltahun pedoman oleh satuan pendidikan menurut hasil musyawarah guru matapelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memilikikarakteristik yang nyaris sama. Pertimbangan pendidik atau Kelompok Kerja /Forum Guru secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) merupakan patokan terendah untukmenyatakan penerima didik meraih ketuntasan. KKM mesti ditetapkan di awaltahun pedoman oleh satuan pendidikan menurut hasil musyawarah guru matapelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memilikikarakteristik yang nyaris sama. Pertimbangan pendidik atau Kelompok Kerja /Forum Guru secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.
Fungsi KKM
- Sebagai pola bagi seorang guru untuk menilai kompetensipeserta didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) sebuah mata pelajaran atauStandar Kompetensi (SK)
- Sebagai pola bagi penerima didik untuk merencanakan diri dalam mengikutipembelajaran
- Sebagai sasaran pencapaian penguasaan bahan sesuai dengan SK/KD – nya
- Sebagai salah satu instrumen dalam mengerjakan penilaian pembelajaran
- Sebagai “kontrak” pedagogik antara pendidik , penerima didik dan masyarakat(khususnya orang bau tanah dan wali murid)
Tahapan Penetapan KKM
Seperti pada uraian diatas bahwa penetapan KKM dilakukanoleh Guru atau Kelompok Kerja / Forum Guru. Adapaun langkah dan tahapanpenetapan KKM antara lain:
- Guru atau kalangan kerja / lembaga guru menentukan KKM matapelajaran dengan memikirkan tiga faktor patokan , yaitu; kompleksitas ,daya dukung , dan intake penerima didik. Hasil penetapan KKM indikator berlanjutpada KD , SK sampai KKM mata pelajaran.
- Hasil penetapan KKM oleh guru atau kalangan guru mata pelajaran disahkan olehkepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam mengerjakan penilaian KKM yangditetapkan disosialisaikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan , yaitupeserta didik , orang bau tanah ,
- dan dinas pendidikan
- KKM dicantumkan dalam laporan hasi berguru atau rapor pada di saat hasil penilaiandilaporkan terhadap orang tua/wali penerima didik
Jadi yang menjadi pertimbangan dalam menyeleksi KKM adalahkompleksitas , daya dukung , dan intake. Kompleksitas mengacu pada tingkatkesulitan Kompetensi Dasar yang bersangkutan. Daya dukung termasuk kelengkapanmengajar seumpama buku , ruang berguru , laboratorium (jika diperlukan) danlain-lain. Sedangkan Intake merupakan kesanggupan budi budi dan daya pikirpeserta didik.
Demikian santapan isu mengenai Pengertian , Fungsidan Tahapan Penetapan KKM yang sanggup penulis suguhkan dalam peluang ini.
Dapatkan Juga GRATIS Untuk Anda !!!
No | Nama Perangkat | Action |
1 | Materi Diklat Kurikulum | |
2 | Dokumen 1 Kurikulum | |
3 | Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) | |
4 | Silabus Tematik dan Mata Pelajaran | |
5 | Program Tahunan dan Semester | |
6 | Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) | |
6 | Buku Guru dan Buku Siswa | |
7 | Penilaian Hasil Belajar | DOWNLOAD |
8 | Buku Kerja Guru |
Semoga Bermanfaat !!!
Tidak ada komentar untuk "Pengertian| Fungsi Dan Tahapan Penetapan Kkm - Tozsugianto"
Posting Komentar