Alasan Pemisahan Mata Pelajaran Matematika Dan Pjok Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sd - Tozsugianto
Penerapan Kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di SekolahDasar (SD) menggunakan pendekatan tematik terpadu. Salah satu penunjang prosespembelajaran yakni buku Tematik Terpadu yang diterbitkan oleh Pemerintah. Matapelajaran yang sanggup dipadukan yakni PPKn , Bahasa Indonesia , Matematika , IlmuPengetahuan Alam (IPA) , Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) , Seni Budaya dan Prakarya(SBdP) , dan Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Pada perkembangannya , untuk kelas tinggi yakni kelas IV ,V , dan VI mata pelajaran Matematika dan PJOK atas pertimbangan tertentu dipisahkandari Pembelajaran Tematik Terpadu.Keputusan pemisahan mata pelajaran tersebut ada banyak sekali argumentasi , di antaranyaadalah muatan bahan dan pembahasan.
Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK SD - [klik di sini]
Pesan Mudah RPP Matematika dan PJOK SD - [klik di sini]
Sehubungan dengan pertimbangan dan argumentasi tersebut di atas , maka Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dan PJOK ditangani secara parsial. Dengan demikian Penyediaan Buku Pelajaran Matematika dan PJOK pun ditangani secara terpisah.
Untuk mata pelatajan Matematika , pada buku Tematik Terpadu kedalamanmaterinya terasa dangkal. Oleh sebab itu , siswa tidak mendapat pemahamankonsep matematika secara mendalam. Dengan demikian , perlu digunakan buku Matematikasecara terpisah. Alasan tersebut sanggup diterangkan selaku berikut.
- Matematika memiliki karakteristik objek kajian dan metodeyang berlawanan dengan mata pelajaran lain. Objek kajian matematika bersifatabstrak , tata cara untuk melakukan kajian kepada objek matematika bersifatdeduktif , pastinya dengan tidak mengabaikan pengembangan kecakapan 4 C (Critical ,Creative , Colaboratif , Dan Communication).
- Kebermaknaan pembelajaran matematika di SD/MI salahsatunya sanggup ditingkatkan lewat pembelajaran matematika dalam konteks dunianyata siswa. Pembelajaran dengan mengambil konteks kehidupan faktual tersebutdapat diraih lewat pembelajaran tematik terpadu.
- Kebermaknaan pembelajaran ialah energi bagipeningkatan motivasi berguru siswa , saat motivasi telah dimiliki pembelajarantidak mesti senantiasa dikaitkan dengan dunia nyata/tema , sebab pembelajaranmatematika dengan tema memiliki kekurangan dalam mengakomodir struktur dankonten matematika secara utuh. Oleh sebab itu , saat konteks telah diperoleh ,pembelajaran Matematika sanggup ditangani dengan pengertian rancangan matematikasecara utuh.
- PJOK memiliki karakteristik objek kajian dan tata cara yangberbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian PJOK berupa gerak ,pembelajaran PJOK banyak ditangani lewat mengobservasi dan menjiplak ,kemudian melatihkannya secara berulang , pastinya dengan tidak mengabaikanpengembangan kecakapan 4C (Critical , Creative , Colaboratif , Dan Communication).
- Kebermaknaan pembelajaran PJOK di SD/MI salah satunyadapat ditingkatkan lewat pembelajaran PJOK dalam konteks dunia faktual siswa ,hal ini salah satunya sanggup ditangani lewat pembelajaran tematik.
- Kebermaknaan pembelajaran ialah energi bagipeningkatan motivasi berguru siswa. Namun saat dikaitkan dengan tema ,terdapat beberapa bahan pembelajaran PJOK yang memiliki kekurangan dalammengakomodir struktur dan konten PJOK secara utuh. Oleh sebab itu , tidak semuamateri yang berhubungan dengan KD sanggup diakomodir secara cukup oleh bukutematik.
- Pembelajaran PJOK banyak ditangani dengan gerakan anggotatubuh yang mesti dimulai dengan pemanasan apalagi dulu , sehingga membutuhkanwaktu yang relatif lama.
- Banyak gerakan-gerakan dalam pembelajaran PJOK yang tidakdipahami sepenuhnya oleh guru kelas , sehingga sanggup membuat cedera bagisiswa.
- Pada biasanya pembelajaran PJOK membuat siswaberkeringat , sehingga mengusik proses pembelajaran lain bila terintegrasi.
- Untuk mempekerjakan eksistensi guru mata pelajaran PJOKyang tersedia nyaris di semua SD.
Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK SD - [klik di sini]
Pesan Mudah RPP Matematika dan PJOK SD - [klik di sini]
Sehubungan dengan pertimbangan dan argumentasi tersebut di atas , maka Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dan PJOK ditangani secara parsial. Dengan demikian Penyediaan Buku Pelajaran Matematika dan PJOK pun ditangani secara terpisah.
Demikian santapan isu perihal Pemisahan Mata Pelajaran Matematika dan PJOK dari Pembelajaran Tematik Terpadu di SD yangdapat disampaikan dalam potensi ini.
Dapatkan Juga GRATIS Untuk Anda !!!
No | Nama Perangkat | Action |
1 | Materi Diklat Kurikulum | |
2 | Dokumen 1 Kurikulum | |
3 | Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) | |
4 | Silabus Tematik dan Mata Pelajaran | |
5 | Program Tahunan dan Semester | |
6 | Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) | |
6 | Buku Guru dan Buku Siswa | |
7 | Penilaian Hasil Belajar | DOWNLOAD |
8 | Buku Kerja Guru |
Semoga Bermanfaat !!!
Tidak ada komentar untuk "Alasan Pemisahan Mata Pelajaran Matematika Dan Pjok Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sd - Tozsugianto"
Posting Komentar